alexametrics
25.1 C
Probolinggo
Monday, 30 November 2020

Imbau Nelayan Gunakan Life Jaket saat Cuaca Buruk

PROBOLINGGO, Radar Bromo– Sejak beberapa hari yang lalu, Probolinggo dilanda cuaca buruk. Mulai dari angin yang cukup kencang, hingga menyebabkan gelombang tinggi di perairan Probolinggo. Agar tak menjadi musibah, nelayan diimbau agar berhati –hati  dan selalu gunakan peralatan safety.

Imbauan itu disampaikan AKP Slamet Prayitno Kasat Polairud. Menurut Slamet, imbauan itu sudah disampaikannya secara langsung. Seperti Senin (19/8) lalu pihaknya melakukan patroli dengan kapal. Nah, saat patroli itulah,  Polairud juga mendatangi sejumlah nelayan dan juga kapal penyeberangan. Tujuannya yakni memberikan imbauan agar tetap berhati-hati terhadap cuaca buruk. Serta tidak luput pula nelayan diingatkan agar selalu menggunakan peralatan safety.

“Beberapa hari ini cuacanya tidak menentu. Angin cukup kencang yang dapat mempengaruhi ombak. Sehingga kami imbau untuk warga, baik kapal nelayan dan juga penyeberangan untuk menggunakan peralatan safety. Life jacket misalnya,” bebernya.

Menurutnya, dari data BMKG sepekan ini, gelombang laut di selat Madura mencapai ketinggian 0,5 hingga 2 meter. Selain itu, untuk angin mencapai 5 sampai 20 knot mengarah ke timur dan tenggara. Dengan gelombang dan angin yang bertiup saat ini, Polairud Polres Probolinggo kerab menggelar patroli. Patroli digelar di sekitar perairan Probolinggo.

Selain memberikan imbauan kepada nahkoda kapal, Slamet juga mewanti wanti agar kapal penyeberangan tidak berlebihan memuat penumpang. “Kami khawatir dengan penumpang yang berlebihan ditambah dengan angin yang cukup kencang, maka terjadi hal yang tak diinginkan,” tambahnya.

Apalagi, beberapa hari sebelumnya satu kapal milik nelayan di kecamatan dringuterseret arus hingga ke tengah. Selain itu juga ada kapal nelayan yang tergelam di perairan Kalibuntu. Hal ini terjadi karena gelombang  serta cuaca buruk terjadi di perairan probolinggo. “Meski tidak sampai ada korban jiwa, cuaca buruk tetap perlu diwaspadai,” bebernya. (rpd/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Motor Dicuri di Halaman Minimarket di Pohjentrek

Diduga, komplotan pelaku beraksi dengan modus menukarkan uang di kasir.

Mau Rujakan, Motor Warga Banyuanyar Raib saat Ditinggal Ambil Mangga

­Aksi pencurian motor semakin merajalela. Setelah terjadi di Leces beberapa waktu lalu, aksi pencurian motor bergeser ke Kecamatan Banyuanyar.

Mobil Brio Tertabrak Sri Tanjung, Sopirnya asal Muneng Selamat

Mega Ratu, 27, lolos dari maut. Betapa tidak, warnita asal Desa Muneng itu, masih bisa selamat, walau mobilnya tertabrak kereta api di perlintasan Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

Profesional, Kolaborasi-Pemasaran Digital Bantu Dongkrak Produk Lokal

Meski kondisi sulit, beberapa UMKM masih mampu bertahan. Bahkan, berkembang dengan sejumlah inovasi.

Rem Blong, Truk Nyemplung Parit-Sasak Pagar Pabrik di Pandaan

Gara-gara remb blong, sebuah truk boks bernopol L 8466 UX hilang kendali di jalan Malang-Surabaya