Usulkan 700 KK di Dua Kecamatan Ini Dapat Bantuan KUBE

PASURUAN – Kendati sempat tidak ada program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk warga miskin di Kabupaten Pasuruan tahun lalu, di awal tahun 2019, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan mengusulkan sebanyak 700 KK ke Kementerian Sosial. Targetnya tahun ini bisa ada pembinaan dan permodalan untuk warga miskin berwirausaha.

Hal itu diungkapkan Gunawan Wicaksono, PLT Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasuruan. Dia mengatakan bahwa program KUBE memang sudah sejak lama ada. Tujuannya adalah membantu permodalan untuk warga miskin yang mempunyai usaha mandiri. Dari Kube ini dikelompokkan dan diberikan modal usaha tujuannya agar bisa meningkatkan ekonomi mereka.

“Untuk tahun 2018 kemarin Kabupaten Pasuruan memang sama sekali tidak dapat program ini. Tapi tahun 2019 ini Kemensos rupanya menggenjot program ini, termasuk meminta daerah untuk mengusulkan warga miskin yang bisa masuk program kube,” terangnya.

Di tahun 2017 lalu, ada 3 kelompok yang mendapatkan program KUBE. Masing-masing mendapatkan bantuan modal sebesar Rp 5 juta. Dari bantuan tersebut, diberikan kepada kelompok usaha sesuai dengan kebutuhan modal mereka seperti untuk membeli bahan baku kerang, benang rajutan dan layang-layang.

Untuk tahun 2019 ini, kata Gunawan, program KUBE akan lebih diinsentifkan. “Ini lantaran di tahun sebelumnya sifatnya hanya memberikan bantuan modal tanpa ada pendampingan dan pengembangan usaha,” terangnya.

Apalagi, di tahun ini bakal ada pendamping khusus untuk kelompok KUBE yang akan dibina dipastikan lebih banyak. Termasuk di Kabupaten Pasuruan mengusulkan hingga 700 KK dari 2 Kecamatan di Grati dan Lekok.

Dari usulan tersebut, harapannya tahun ini lebih banyak KUBE yang diberikan pendampingan dan hibah modal. “Termasuk agar dari program KUBE ini, usaha bisa berkembang dan meningkatkan ekonomi mereka menjadi lebih baik,” pungkasnya. (eka/fun)