Disnaker Tetap Alokasikan Dana Pelatihan, Jumlahnya Segini

PANDAAN – Dinas tenaga kerja Kabupaten Pasuruan di tahun ini tetap mengalokasikan dana untuk pelatihan. Tak hanya di balai latihan kerja. Pelatihan tersebut juga dilakukan dengan menempatkan peserta di suatu instansi.

Pelatihan masyarakat untuk mendapatkan skill atau keterampilan khusus. Dalam pelatihan itu, semua pembiayaan baik operasional, instruktur atau tenaga khusus, sepenuhnya di tanggung APBD ditahun anggaran sekarang.

“Ini tahun keempat untuk pelatihan masyarakat, kami alokasikan total sekitar Rp 1 miliar untuk pendanaanya dari APBD,” tutur Agus Hernawan, sekretaris Disnaker Kabupaten Pasuruan.

Realisasi dilapangan, pelaksaannya terbagi dua. Yakni klasikal yang ditempatkan di gedung BLK. Kemudian mobile unit training, seperti ditempatkan di kantor desa, kantor kecamatan, juga lingkungan sekitar ponpes.

Bentuk pelatihan yang diberikan jenisnya banyak. Diantaranya otomotif, las, mekanik, menjahit dan proses permesinan. Juga prosesing makanan dan minuman, rias pengantin serta lainnya.

“Total ada 25 paket pelatihan, masing-masing paket 16 orang. Semuanya gratis dan tanpa dipungut biaya,” ungkapnya.

Untuk realisasi atau pelaksanaannya sendiri, ia katakana, dalam proses perencanaan. Dan akan digelar secepatnya hingga akhir tahun, berdasarkan paket sekaligus menyesuaikan jadwal juga tempat. (zal/fun)