PMI Genjot 500 Kantor Darah untuk Cukupi Stok hingga Akhir Tahun

BANGIL – Menjelang libur Natal dan tahun baru, PMI menggenjot stok darah untuk kebutuhan selama libur akhir tahun. Targetnya sampai akhir bulan Desember ini, ada stok 500 kantong darah.

Hal tersebut diungkapkan Sony Sumarsono, humas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan. Sony mengatakan, menjelang akhir Desember, mulai banyak instansi dan sekolah yang libur. Sehingga, pada pertengahan Desember ini PMI menggenjot pasokan darah dengan memperbanyak kegiatan donor darah.

“Dan untungnya pada 17 sampai 20 Desember ini kegiatan donor darah banyak di instansi. Sehingga, pasokan darah dipastikan aman sampai akhir bulan Desember ini,” jelasnya.

Menurutnya, kebutuhan kantong darah biasanya cukup stabil selama libur Natal dan tahun baru. Berbeda dengan saat libur Ramadan dan Lebaran yang biasanya ada peningkatan permintaan kantong darah.

Namun untuk mengantisipasi, PMI tetap menggenjot pasokan kantong darah. Sehingga, ketersediaan untuk rumah sakit, puskesmas, sampai klinik akan aman.

Dalam tiga hari ini saja misalnya, sudah ada tambahan 199 kantong darah dari kegiatan tiga instansi di Kabupaten Pasuruan. Sehingga, saat libur yang dimulai pada 22 Desember sampai tahun baru, PMI memastikan sudah ada stok 500 kantong darah. Baik dari golongan A,B, AB, dan O.

Jumlah tersebut menurutnya, sangat cukup. Sebab, rata-rata kebutuhan darah sekitar 25-30 kantong per harinya.

“Untuk antisipasi agar pasokan kantong darah cukup di Kabupaten Pasuruan, sementara kami tidak memasok kantong darah ke daerah lain. Sehingga, kami pastikan dulu pasokan aman untuk wilayah sendiri,” pungkasnya. (eka/fun)