alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Bupati Tekankan Peningkatan Kualitas Hidup Agar Masyarakat Sehat

PURWODADI – Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menaruh perhatian tinggi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Pasuruan. Kualitas hidup tersebut berkaitan erat dengan kesehatan masyarakat, termasuk pelayanan kesehatan.

Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, di Kebun Raya Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Rabu (21/11), Irsyad menekankan agar masalah kesehatan di Kabupaten Pasuruan, seperti masih tingginya angka kematian ibu (AKI), anak kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular bisa diminimalisir.

“Para kepala dinas dan kepala Puskesmas agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan di wilayah masing-masing,” tandas Irsyad.

Irsyad menyarankan agar Puskesmas dan tenaga kesehatan di dalamnya juga harus mampu memncerdaskan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup dengan menerapkan pola hidup sehat. “Jika ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang, maka saya ingatkan agar Puskesmas dan tenaga kesehatan harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan promosi perilaku hidup berish dan sehat,” lanjut Irsyad.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasuruan dr. Agung Basuki mengungkapkan, peringatan HKN yang ke-54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya akan terwujud , apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memperioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitif.

Di samping itu, Agung mengatakan, peringatan HKN juga sebagai pengingat bagi semua pihak untuk menerapkan Germas, seperti, aktifitas fisik teratur, konsumsi buah dan sayur, cek kesehatan, pemberian ASI bayi 0-6 bulan, dan mengenyahkan asap rokok.

“Kami berharap peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 sebagai momentum untuk menfleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan. Serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan pembangunan kesehatan,” ujar Agung. (lel/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

PNS Pemkab Pasuruan Kendat, Pernah Ajak Istri Minum Baygon

Peristiwa nahas ini diketahui pertama kali oleh istri korban sekitar pukul 07.30.

Diduga Ngantuk, Pasutri Tabrak Truk Parkir di Kraton, Suami Tewas

Siang itu pasutri itu dari Polres Pasuruan untuk mengurus SKCK dan berencana pulang

Kemenhub Minta Tambah Penguji di Balai Uji Kir Kraksaan

Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, mendapatkan catatan dari tim akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Ratusan Petani di Kota Probolinggo Terancam Tak Dapat Pupuk Subsidi

Sebab, mereka tidak terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

KONI Kab Pasuruan Digerojok Rp 5,4 M

Prestasi dunia olahraga di Kabupaten Pasuruan harus lebih baik tahun depan.