alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

BPBD: Waspadai Perubahan Suhu Mendadak di Musim Kemarau

PURWOREJO – Kota Pasuruan saat ini mulai memasuki kemarau. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat pun mengimbau masyarakat setempat mewaspadai perubahan suhu secara mendadak. Kondisi ini tidak terlepas dari perubahan arah angin muson.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kota Pasuruan Catur Aldoko mengungkapkan, saat ini sebagian besar wilayah Jatim telah memasuki musim kemarau. Yakni, angin muson timur tenggara yang membawa masa udara dari Benua Australia yang bersifat dingin dan kering.

Akibatnya, kondisi cuaca di wilayah Jatim bersifat panas dan kering pada siang hari. Serta, bersifat dingin pada malam hingga pagi hari. Ini, dikarenakan saat kemarau, langit cerah dan tidak tertutup awan. Radiasi sinar matahari yang diterima oleh bumi dipancarkan ke luar angkasa saat malam.

“Karena tidak adanya tutupan awan, maka energi tersebut akan diteruskan secara besar besaran ke luar angkasa yang berakibat suhu di bumi menjadi dingin. Ini, normal terjadi saat kemarau,” ungkapnya.

Catur menjelaskan, bersadarkan pantauan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), perlu adanya kewaspadaan terhadap potensi peningkatan kecepatan angin di wilayah Jatim. Sebab, adanya daerah tekanan rendah di Samudra Pasifik bagian barat dan tekanan tinggi di Benua Australia.

Karena itu pula, perlu diwaspadai juga adanya potensi peningkatan tinggi gelombang laut di perairan Jatim. Pada saat kemarau, juga terdapat angin berembus dengan kencang dan bersifat lokal di daerah Pasuruan dan Probolinggo yang disebut angin Gending.

“Karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan akibat adanya perbedaan suhu pada siang dan malam hari. Bagi masyarakat pesisir serta pengguna transportasi laut, harap waspada potensi gelombang tinggi,” terang Catur. (riz/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Kembali Kerek PAD Wisata Kab Pasuruan Tahun Depan

Target Pemkab Pasuruan untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata tahun ini, cukup seret.

Intens Monitoring Lokasi Bencana Longsor di Akhir Tahun

Potensi bencana saat musim hujan perlu diwaspadai. Salah satunya tanah longsor.

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.

Dua Dara Atlet Anggar Kota Probolinggo Incar Perunggu PON Pelajar

Dua atlet anggar Kota Probolinggo, sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Pelajar 2021.

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP).