Gaji ASN Pemkab Probolinggo Tetap Cair di Tanggal Merah 1 Juni

KRAKSAAN – Pemkab Probolinggo memastikan tidak akan menunda pemberian gaji kepada pegawainya. Meski pada 1 Juni 2019 bertepatan tanggal merah Hari Lahir Pancasila dan masuk cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pemkab telah membuat Peraturan Bupati (Perbup) pencairan gaji di hari cuti bersama. Termasuk sudah koordinasi dengan pihak bank untuk mencairkan gaji pegawai tepat pada 1 Juni.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo Santiyono mengatakan, pegawai baik ASN maupun non-ASN tidak perlu resah atau khawatir. Sebab, pihaknya dapat memastikan gaji bulan Juni tetap akan dicairkan pada 1 Juni. Meski pada 1 Juni itu hari libur cuti bersama. “Kami berusaha para pegawai tetap mendapatkan gaji di awal bulan. Termasuk, 1 Juni besok,” ujarnya.

Santiyono menjelaskan, sesuai pasal 80 ayat (3) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50/2018 telah diatur soal pencairan gaji ini. Di sana dijelaskan, pembayaran kompensasi berupa pembayaran gaji dan/atau tunjangan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilakukan pada hari pertama atau hari kerja pertama setiap bulan.

Namun, pada pasal yang sama ayat (4) disebutkan, dalam kondisi tertentu, pembayaran kompensasi berupa pembayaran gaji dan/atau tunjangan dapat dikecualikan dari pengaturan pada ayat (3). “Sehingga, pencairan gaji 1 Juni mendatang, masuk kondisi tertentu pelaksanan pembayarannya. Pencairannya kami atur dalam Perbup,” ujarnya.

Atas dasar itulah, kata Santiyono, pihaknya berkoordinasi dengan pihak bank. Ternyata, pihak bank juga siap mencairkan gaji pegawai di hari libur cuti bersama pada 1 Juni. “Perbup-nya sudah ada dan tinggal siapkan surat pengantar pencairannya ke bank,” terangnya.

Pemkab, kata Santiyono, sudah menyiapkan alokasi anggaran gaji ASN untuk Juni sekitar Rp 36 miliar. Sedangkan, untuk pegawai non-ASN atau honorer sekitar Rp 7 miliar. Sehingga, total gaji yang akan dicairkan pada 1 Juni sekitar Rp 43 miliar. “Anggarannya sudah siap dan tinggal diserahkan ke bank suratnya,” ujarnya. (mas/rud)