alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Pilih Lokasi Gerongan-Raci untuk Gudang Garam

BANGIL, Radar Bromo – Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan terus berusaha merealisasikan pembangunan gudang penyimpanan garam. Selain sudah menyiapkan dua lokasi, Dinas Perikanan juga sudah mengusulkan ke Pemprov Jawa Timur.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Slamet Nurhandoyo mengatakan, gudang penyimpanan garam cukup dibutuhkan petambak garam. Terutama saat panen raya garam dan harganya di pasaran rendah.

“Biasanya garam ini hanya disimpan beberapa hari baru dijual. Tapi dengan adanya gudang garam bisa disimpan lebih dari 6 bulan dan dijual saat harga garam mulai stabil,” ujarnya.

Slamet mengatakan, tahun ini pihaknya kembali mengusulkan pembangunan gudang garam ke Provinsi Jawa Timur. Meski belum ada kepastian apakah tahun depan disetujui atau tidak, Dinas Perikanan sudah memilih lokasi jika ke depan usulannya disetujui.

Lokasi pertama di Desa Gerongan, Kecamatan Kraton. Di sana ada tanah kas desa yang bisa dijadikan lahan pembangunan gudang garam. “Selain ada lahan, lahan di Gerongan berada di tengah, sehingga cukup strategis,” ujarnya.

Lokasi lainnya di Desa Raci, Kecamatan Bangil. Slamet mengatakan, dipilih Raci karena tambak garam terbesar di Kabupaten Pasuruan berada di Raci. Dari luas total tambak produksi garam sekitar 248,3 hektare, 150,2 hektare berada di Desa Raci.

Slamet mengatakan, keuntungan memiliki gudang garam, selain bisa menjadi tempat penyimpanan garam hingga kapasitas 2.000, juga ada pengaturan suhu. Karenanya, kualitas garam tetap bagus. “Termasuk juga ada CCTV yang langsung dipantau dari pusat, seperti di gudang garam Brebes, Demak. Jadi, bisa dipantau terkait kegiatan bongkar muatnya,” ujarnya. (eka/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU