alexametrics
26.1 C
Probolinggo
Tuesday, 24 November 2020

Tes CPNS, Tenaga Honorer Masuk Formasi Khusus

KRAKSAAN – Pemkab Probolinggo dan Pasuruan mengumumkan kebutuhan formasi CPNS tahun ini. Kabupaten Probolinggo mendapat kuota 295 CPNS, sementara Kabupaten Pasuruan mendapat 535 kuota. Meski rekrutmen sudah diumumkan, namun pendaftaran via online baru bisa dilakukan 26 September mendatang.

Seperti daerah lainnya, kebutuhan CPNS di Kabupaten Probolinggo didominasi tenaga pendidik. Yakni 282 orang. Namun, rekrutmen tidak sebatas pada guru yang berstatus honorer saja. Pelamar umum juga dibolehkan.

“Tidak terbatas untuk pegawai honorer atau K-2,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo Abdul Halim.

Pria yang akrab disapa Halim itu mengatakan, pegawai K-2 masuk dalam formasi khusus bersama lulusan cumlaude dan disabilitas. Tetapi, pengecualian di sini hanya nilai kelulusannya lebih rendah dibanding peserta umum lainnya. “Ada perbedaan nilai kelulusan, cumlaude, K-2, dan disabilitas. Nilai kelulusannya untuk tiga kategori itu lebih rendah dibanding peserta umum,” tuturnya.

Sementara itu, Kabupaten Pasuruan secara resmi mengumumkan formasi kebutuhan penerimaan ASN di tahun 2018. Namun, pendaftar baru bisa mengumpulkan berkas pada 26 September mendatang.

Iswahyudi, Plt kepala Badan Kepegawaian dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan mengatakan, sesuai dengan jadwal, Rabu (19/09) sudah diumumkan secara resmi kuota penerimaan ASN di daerah. Termasuk di Kabupaten Pasuruan yang kuotanya mencapai 535 formasi.

“Dari jumlah tersebut, ada untuk tenaga honorer, cumlaude, dan disabilitas yang masuk dalam formasi khusus. Dan, juga untuk formasi umum,” jelasnya.

Penerimaan formasi tahun 2018 ini mayoritas memang ditujukan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan. Dengan perbandingan tenaga pendidikan 70 persen, tenaga kesehatan 26 persen, dan sisanya adalah tenaga teknis.

Kendati penerimaannya di daerah, namun semua pengumuman, pemberkasan, sampai tes nantinya dilakukan oleh pusat. Terkait kebutuhan formasi yang menentukan adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Sedangkan proses seleksi nantinya langsung di-handle oleh Badan Kepegawaian Negara.

Sehingga Iswahyudi mengatakan, tes CPNS di tahun ini dipastikan transparan dan sesuai dengan kompetensinya. “Karena tesnya nanti langsung dari pusat, sehingga dipastikan transparan. Tidak ada titip menitip termasuk saya mengimbau agar masyarakat hati-hati. Jangan terjebak oknum yang memanfaatkan keadaan dengan menjanjikan bisa meloloskan tes,” jelasnya.

Saat ini, dari BKN memang masih mengumumkan kuota yang dibutuhan. Masyarakat bisa melihat detail kebutuhan formasi di lokasi mana saja termasuk syarat pendidikan yang dibutuhkan langsung di laman sscn.bkn.go.id. Setelah pengumuman kuota, pendaftaran pemberkasan nantinya akan dimulai pada 26 September mendatang.

“Saat ini memang hanya pengumuman kebutuhan formasi saja. Informasinya pemberkasan pelamar baru dilakukan pada 26 September dan semua bekas dikirim secara online. Sampai kapan nanti akan ada juknis terkait lama pendaftaran administrasinya,” jelasnya. (mas/eka/rf)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Seniman Ludruk Probolinggo Cak Mukadi Tutup Usia  

Rencananya jenazah Cak Mukadi akan dimakamkan di TPU setempat, Selasa (24/11)

Masuk Tengah Kota, Truk Terguling di Depan Yon Zipur Probolinggo

Truk terjatuh di jalur terlarang untuk dilewati kendaraan besar seperti truk.

Bertahan di Tengah Pandemi, UMKM Harus Adaptasi dengan Digitalisasi

Sayangnya, masih ada pelaku UMKM yang asing dengan perkembangan teknologi

Tak Berizin, Satpol PP Turunkan Baliho Habib Rizieq di Bangil

Ada 3 baliho Habib Rizieq yang diturunkan di Bangil. Sementara di Pasrepan diturunkan sendiri oleh pemasang.

Rem Blong, Truk Tabrak Pagar-Pos Sekuriti di Sumbersuko Gempol  

Sopir truk selamat usai melompat sesaat sebelum terjadi tabrakan.