Siswa SMAN 3 Pasuruan Belajar Jurnalistik agar Buletin-Majalah Sekolah Semakin Maju

TAMBAH ILMU: Kepala Biro Pasuruan Jawa Pos Radar Bromo Nurlaily Arifiyah berbagi ilmu jurnalistik dengan siswa SMAN 3 Pasuruan, Rabu (18/9) pagi. (Lailiyah Rahmawati/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GADINGREJO, Radar Bromo – Sejumlah 75 siswa SMAN 3 Pasuruan berkesempatan menggali ilmu jurnalistik langsung dari kru Jawa Pos Radar Bromo. Rabu (18/9), mereka mengikuti Diklat Jurnalistik Goes to School hasil kerja sama SMAN 3 Pasuruan dengan Jawa Pos Radar Bromo.

Para peserta ini begitu antusias menyimak materi yang disampaikan Kepala Biro Pasuruan Jawa Pos Radar Bromo Nurlaily Arifiyah. Mereka bergantian mengajukan pertanyaan dalam diklat yang digelar di Laboratorium Fisika SMAN 3 Pasuruan itu. “Semua orang pasti bisa menulis selama mau berusaha,” ujar Evi, sapaan akrab Nurlaily Arifiyah.

Setelah Evi menyampaikan materi teknik penulisan berita, dilanjutkan dengan materi teknik penulisan berita di media online oleh Redaktur Jawa Pos Radar Bromo Fandi Armanto. Bak gayung bersambut, setelah mendapatkan ilmu jurnalistik dasar, para siswa diberi kesempatan menulis berita tentang kegiatan diklat itu.

“Seiring perkembangan zaman dan teknologi, berdampak pada penyampaian informasi kepada publik. Karena itu, manfaatkan media online untuk berbagi informasi kepada publik sambil belajar menjadi wartawan,” ujar Fandi.

Sedangkan, Kepala SMAN 3 Pasuruan Tri Saguh Notobawono mengatakan, di era kecanggihan teknologi ini, kegiatan literasi menjadi sangat penting untuk dilestarikan. Katanya, minat anak muda terhadap dunia literasi menjadi latar belakang pihaknya mengundang Jawa Pos Radar Bromo untuk berbagi ilmu.

“Kegiatan diklat ini kami harapkan memacu para siswa mencintai dunia literasi dan mengenal dunia jurnalistik. Ke depan, ilmu dari diklat ini bisa diterapkan di media buletin atau majalah sekolah,” ujarnya.

Tulisan di atas dibuat Nabila Novindasari (Kelas XI-MIPA 2) SMA Negeri 3 Pasuruan. (*)