alexametrics
25.7 C
Probolinggo
Saturday, 5 December 2020

Getol Berikan Edukasi Bahwa Kusta Bukan Penyakit Kutukan

KRATON, Radar Bromo – Jumlah penderita kusta di wilayah Puskesmas Kraton, Kabupaten Pasuruan, terus menurun. Per Agustus 2019, ditemukan 5 penderita. Jumlah ini semakin menurun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 6 penderita.

Hal ini dikarenakan kepatuhan dari pasien dalam berobat. Selama ini, Puskesmas Kraton memiliki program pelayanan kusta. Terdiri atas kunjungan door to door, kunjungan instansi pendidikan, pemeriksaan, pengobatan, dan pemantauan. Minimal, sebulan sekali pemegang program melakukan pelacakan.

Namun, melacak kusta bukan perkara mudah. Masih banyak penderita yang enggan berobat ke puskesmas. “Pasien kusta yang saya jumpai mayoritas minder dan malu. Mereka lebih memilih di rumah. Tidak mau memeriksakan dan pengobatan di puskesmas,” ujar seorang perawat Puskesmas Kraton yang ditugaskan bertangung jawab atas seseorang yang memiliki atau diduga mengalami penyakit kusta, Mahmia.

Menurutnya, menangani pasien kusta butuh komitmen besar. Sebab, yang harus dijalankan bukan sekadar menyembuhkan. Tapi, juga menguatkan mental serta rutin mengobatinya sampai tuntas. Menangani pasien kusta butuh kesabaran, kegigihan, dan ketelatenan.

“Saya pernah menjumpai masyarakat yang menyatakan kusta merupakan penyakit kutukan. Penyakit akibat keturunan daging jelek. Saya juga pernah menemui pasien kusta yang tidak bisa membedakan antara kusta dan panu. Mereka beranggapan setiap bercak putih pada kulit, panu,” ujarnya.

Menurutnya, perlu adanya edukasi kepada masyarakat agar seseorang yang menderita kusta mendapatkan dukungan dan perlakuan dari keluarga dan lingkungan sekitar. Serta, mematahkan stigma yang beredar, bahwa kusta bukan penyakit kutukan atau keturunan daging jelek.

“Pasien kusta masih sangat bisa diberdayakan selama diberi dukungan dan mengesampingkan stigma buruk pada mereka. Karena sebenarnya mereka masih memiliki keinginan besar untuk dapat diterima oleh masyarakat. Dengan adanya pelayanan kusta di Puskesmas Kraton, kami berharap dapat membantu masyarakat lebih mampu merangkul dan memberi dukungan kepada para penderita kusta,” ujarnya. (lel/rud/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Giliran Temukan Pintu Besi Bermotif Bunga di Goa Jepang

Temuan penting kembali didapati tim ekskavasi di Goa Jepang di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

BERITA TERBARU

Stok Garam di Kab Pasuruan Masih Tersisa 2.200 Ton

Sampai awal Desember ini, stok garam hasil produksi petambak garam di Kabupaten Pasuuran belum seluruhnya terserap pasar.

Hewan Ternak Rentan Sakit Ini saat Musim Hujan

Musim hujan yang mengguyur Kabupaten Probolinggo sejak beberapa waktu lalu berpengaruh terhadap kesehatan hewan ternak.

Tekan Covid-19; Disiplin 3M Sama Pentingnya dengan Vaksin

Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan masih menjadi keharusan, meskipun program vaksinasi nantinya telah dijalankan.

Terdampak Pandemi, Pilot pun Nyambi Bisnis Online Shop

pilot maskapai penerbangan nasional ini mengaku, pendapatannya berkurang 30 persen sejak pandemi.

Musim Hujan, Saatnya Mulai Waspadai Demam Berdarah Dengue

Dinkes Kabupaten Probolinggo mengimbau agar masyarakat tak abai terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).