Disnaker Klaim Sudah Terima Lima Laporan Masalah Ketenagakerjaan

PURWOREJO – Memasuki Agustus 2018, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pasuruan, sudah menerima lima laporan terkait ketenagakerjaan. Mayoritas laporan ini didominasi oleh hak-hak yang belum terbayarkan. Syukur, seluruh laporan ini sudah selesai.

Kepala Disnaker Kota Pasuruan Mahbub Effendi mengatakan, seluruh laporan itu berhasil diselesaikan melalui mediasi kedua belah pihak. Laporan ketenagakerjaan ini didominasi oleh karyawan mengundurkan diri, namun tidak mendapatkan uang penghargaan atas kinerjanya.

Selain itu, uang pesangon yang diterima saat pensiun tidak sesuai kesepakatan. “Tahun lalu kami menerima 12 laporan ketenagakerjaan. Dan, sampai saat ini (Agustus) kami telah menerima lima laporan ketenagakerjaan. Paling banyak karena masalah hak yang tidak dipenuhi,” ujarnya.

Mahbub mengatakan, untuk menyelesaikan masalah ini, pihaknya memanggil kedua belah pihak untuk dimediasi. Pihak perusahaan dan karyawan diberikan hak mengemukakan keluhan dan alasannya.

Dari mediasi ini ditentukan solusinya. Namun, jika upaya mediasi tidak berhasil, Disnaker akan membawa masalah ini ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI). “Selama bisa dimediasi, kami upayakan masalahnya tidak sampai ke PHI. Selain menghabiskan waktu dan tenaga, biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit,” ujar Mahbub. (riz/fun)