Setorkan Berkas 295 CPNS ke BKN untuk Segerakan Nomor Induk Pegawai

KRAKSAAN – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dinyatakan lolos sebanyak 295 di Kabupaten Probolinggo masih belum bisa bekerja. Hal itu, karena mereka masih belum menerima Nomor Identitas Pegawai (NIP). Pemda sendiri baru Senin (18/2) akan mengajukan berkas NIP mereka kepada Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Titik Indayati, Kepala Bidang Pengadaan Data dan Informasi Badan Kepegawaian Daerah setempat menjelaskan, kapan CPNS masuk bekerja adalah hal yang mudah. Yang terpenting, saat ini CPNS yang lolos tersebut harus mendapatkan NIP.

“Untuk penetapan nomor induk pegawai (NIP) CPNS yang lolos masih akan kami ajukan,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurutnya, perihal penetapan NIP, pihaknya tidak bisa berbuat apa apa. Sebab, penetapan NIP sendiri dilakukan oleh BKN. “Jadi nanti kami ajukan untuk NIP-nya. Dan yang menetapkan dari pusat,” terangnya.

Perempuan yang akrab disapa Titik itu menjelaskan, pengajuan berkas NIP sendiri akan dilakukan Senin (18/2). Pengajuan NIP itu dilakukan guna mempercepat proses turunnya nomor identitas pegawai. Pihaknya, juga telah melakukan pengisian data ke sistem aplikasi pelayanan kepegawaian (SAPK).

“Sudah lengkap semuanya. Tinggal kami ajukan saja biar cepat turun. Surat pengantar dari pak Sekda juga telah ditandatangani,” ungkapnya.

Dari 295 yang dinyatakan lolos itu semunya tidak ada yang gugur dalam pemberkasan. Sehingga, semuanya saat ini dalam proses pengajuan NIP. Setelah menerima NIP, CPNS belum bisa bekerja. Pasalnya masih ada proses lanjutan. Yaitu, mereka harus mengikuti tes lagi, mulai dari tes kesehatan dan juga penetuan jabatan.

“Masih ada prosedur lagi sebelum masuk kerja. Jadi setelah NIP turun nanti langsung masuk di bidang mutasi yang menangani. Disitu ada beberapa prosedur lagi yang harus dilalui,” jelasnya.

Sebelumnya, ada sekitar 295 peserta CPNS yang dinyatakan lolos saat mengikuti seleksi kemampuan bidang di gedung serba guna Pemkab Jember. Dari jumlah itu tidak ada yang gugur hingga pemberkasan dilakukan selesai pada 4 Januari bulan lalu. (sid/fun)