Rencana Pemanfaatan Pacuan Kuda di Ledug Tak Jelas

PRIGEN – Rencana pemanfaatan lahan pacuan kuda di Kelurahan Ledug, Prigen, hingga kini tak ada kepastian. Bahkan rencana pemanfaatan lahan untuk tempat wisata, seperti jalan di tempat.

Pacuan kuda ini mulanya merupakan lahan milik Pemkab pasuruan. Di tahun 2990, terjadi proses tukar guling dilakukan antara Pemkab Pasuruan dengan PT Kharisma Matahari asal Surabaya. Sempat muncul rencana, lahan seluas sekitar lima haktare ini, akan dimanfaatkan untuk tempat wisata maupun lapangan pacuan kuda internasional, yang dilengkapi fasilitas homestay dan waterbom oleh investornya.

Namun sampai dengan sekarang, belum juga ada wujud dan realisasinya. Bahkan tetap sama, tidak ada perubahan sama sekali.

“Pemanfaatan lahan pacuan kuda untuk tempat wisata jalan stagnan hingga sekarang. Sambil menunggu, tetap dimanfaatkan untuk olahraga dan pacuan kuda oleh warga sekitar,” beber Camat Prigen Mudjiono.

Lambatnya pemanfaatan lahan ini, ia katakana, disebabkan ada beberapa faktor. Diantaranya belum tuntasnya proses tukar guling, antara PT Kharisma Matahari dengan Pemkab Pasuruan. Di sisi lain, PT. Kharisma Matahari selaku investornya ternyata mengalami kesulitan dalam pendanaannya.

Sekitar dua tahun pemerintahan kecamatan setempat, sempat ke Surabaya mendatangi direktur sekaligus juga owner perseroan terbatas tersebut. “Titik terangnya belum tuntas 100 persen, termasuk pula dengan tanah penggantinya. Sudah ada, tapi belum dilimpahkan atau masih atas nama pemilik PT Kharisma Matahari sebanyak 17 bidang,” cetusnya.

Karena dilapangan prosesnya belum tuntas, sehingga pembangunan tempat wisatanya tak kunjung terealisasi. Pemerintahan kecamatan dan kelurahan setempat belum bisa berbuat banyak. Sebaliknya, pemerintah hanya bisa menunggu sampai semua prosesnya klir.

“Pastinya tetap terus memonitornya, dan semua proses kelanjutan tukar guling jadi atau tidaknya. Semuanya ditangani bagian aset pemkab. Harapan kami dan warga di Ledug, jika toh peluangnya kecil, sebaiknya dicarikan investor lain yang lebih siap serta serius,” tegasnya. (zal/fun)