alexametrics
26.1 C
Probolinggo
Tuesday, 24 November 2020

Sepanjang 2018, PNS Cerai di Pemkot Pasuruan Naik

PANGGUNGREJO-Jumlah pengajuan cerai di lingkungan Pemkot Pasuruan cukup tinggi. Sepanjang 2018, tercatat delapan aparatur sipil negara (ASN) setempat mengajukan cerai. Mayoritas disebabkan karena sudah tidak ada kecocokan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pasuruan Muhammad Fakih mengungkapkan, jumlah ASN yang mengajukan cerai tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Sepanjang 2017, pihaknya hanya menerima pengajuan sebanyak tujuh kali. “Sampai pertengahan Desember, sudah ada delapan ASN yang mengajukan cerai. Dan saat ini sudah dalam tahap proses,” katanya.

Fakih menjelaskan, jika ada ASN yang mengajukan cerai, maka kedua belah pihak akan dimediasi terlebih dahulu melalui organisasi perangkat daerah (OPD) tempat mereka bekerja. Jika masih tetap ingin cerai, maka pengajuan ini akan ditangani oleh tim disiplin Pemkot.

Tim disiplin ini terdiri atas BKD, Asisten, OPD, Bagian Hukum, dan Inspektorat. Selanjutnya, tim disiplin ini akan meminta nasihat dari Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Pengadilan Agama dan memberikan kesempatan pada PNS tersebut untuk kembali rujuk.

Jika tetap ngotot, bagi PNS yang menggugat harus meminta izin pada wali kota sebagai pejabat pembina kepegawaian. Sementara, bagi PNS yang digugat, harus meminta izin surat keterangan (SK) izin perceraian pada Sekretaris Daerah (Sekda).

“Kebanyakan pengajuan cerai didominasi karena tidak adanya kecocokan di antara mereka. Baru setelah izin dari wali kota turun, bisa diproses,” terang Fakih. (riz/fun)

 

 

 

 

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Seniman Ludruk Probolinggo Cak Mukadi Tutup Usia  

Rencananya jenazah Cak Mukadi akan dimakamkan di TPU setempat, Selasa (24/11)

Masuk Tengah Kota, Truk Terguling di Depan Yon Zipur Probolinggo

Truk terjatuh di jalur terlarang untuk dilewati kendaraan besar seperti truk.

Bertahan di Tengah Pandemi, UMKM Harus Adaptasi dengan Digitalisasi

Sayangnya, masih ada pelaku UMKM yang asing dengan perkembangan teknologi

Tak Berizin, Satpol PP Turunkan Baliho Habib Rizieq di Bangil

Ada 3 baliho Habib Rizieq yang diturunkan di Bangil. Sementara di Pasrepan diturunkan sendiri oleh pemasang.

Rem Blong, Truk Tabrak Pagar-Pos Sekuriti di Sumbersuko Gempol  

Sopir truk selamat usai melompat sesaat sebelum terjadi tabrakan.