Satpol PP Copoti Banner yang Terpasang di Pohon

PANDAAN – Sedikitnya sembilan reklame berbentuk banner, Senin(17/12) pagi dicopot petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pasuruan. Banner tersebut terpasang di pohon dan berada di tengah median jalan simpang empat Taman Dayu, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan.

Setibanya di lokasi, petugas yang mengendarai mobil patroli langsung menepikan kendaraannya di bahu jalan. Lalu mencopot banner yang terpasang di pohon tersebut satu persatu.

Banner-nya sudah berizin, tapi pemasangannya yang salah atau kurang tepat. Jadi, perlu ditertibkan dengan kami copot,” ucap Didik Febriyanto, staf tibum Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pasuruan. Setelah selesai melepas, banner langsung diamankan sekaligus dimasukkan ke dalam mobil patroli.

“Pemberian sanksinya tidak ada, barangnya saja yang kami amankan. Jika kemudian diambil, maka kami berikan sekaligus cukup diberi pengarahan,” tukasnya.

Penertiban banner, ia katakan, menjadi atensi instansinya di lapangan. Karena selain diatur dalam perda, juga kaitannya dengan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) berupa retribusi yang nantinya masuk ke dalam kas daerah.

“Tak hanya izin atau tidaknya, tapi di lapangan kami juga perhatikan kesesuaian pemasangannya sudah tepat ataukah tidak,” bebernya. (zal/fun)