Lomba Jurnalisme Milenial: Hari Ini Gelar Awarding-Bahas Peluang Usaha

KRAKSAAN, Radar Bromo – Lomba Jurnalisme Milenial gelaran Pemkab Probolinggo bersama Jawa Pos Radar Bromo, memasuki babak akhir. Hari ini akan digelar penganugerahan di Bale Hinggil, Kota Probolinggo. Dalam kesempatan ini juga akan diselipkan materi peluang usaha yang bisa diterapkan di desa.

Penganugerahan ini merupakan tindak lanjut dari Pelatihan Jurnalisme Warga bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Bale Hinggil, Kota Probolinggo, Senin (2/12). Hasilnya, mereka mengimplementasikan di daerah masing-masing dalam bentuk tulisan, foto, dan video. Yang terbaik akan diberi reward oleh Pemkab Probolinggo.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengatakan, pihaknya telah memberikan pelatihan kepada para kaum milenial dari 20 desa. Mereka dibekali materi tentang digital branding. Selain penulisan, foto, video, juga ada materi tentang infografis.

“Itu kami lakukan guna men-support mereka untuk bisa lebih maju. Apalagi desanya terproyeksi menjadi desa wisata. Karena itu, setelah pelatihan beberapa waktu lalu, mereka kami suruh mem-branding desanya,” ujarnya.

Hasilnya, kata Yulius, kaum milenial yang telah dilatih berhasil membuat karya yang cukup menarik. Karenanya, hari ini bagi karya terbaik akan diberikan sebuah penghargaan. “Penghargaan ini untuk menghargai mereka. Juga untuk memacu desa lain meniru dan bersaing,” ujarnya.

Mantan Camat Sukapura ini mengaku, selain penganugerahan, dalam acara ini juga akan dihadirkan seorang pengusaha muda dari Kota Batu. Ia akan diminta memotivasi peserta, sehingga nantinya bisa mengikuti jejaknya.

“Kalau hanya penghargaan kan kurang. Karena itu, kami bekali kembali dengan keilmuan wirausaha. Sehingga, semakin terbuka jendela dan koneksi. Dengan begitu, koneksi jaringan antardesa bisa semakin erat,” harapnya. (sid/fun)