alexametrics
27 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Tim KKNT Covid-19 ITS02 Ambil Peran Efektifkan Belajar Siswa

PANDEMI Covid-19 menimbulkan sejumlah masalah baru dalam dunia pendidikan. Pembelajaran di rumah secara daring (dalam jaringan) nyatanya tidak seefektif pembelajaran tatap muka di sekolah.

Tantangan inilah yang dibaca kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19 Institut Teknologi Sepuluh November. Tim yang terdiri dari 8 mahasiswa ini menemukan dua lembaga pendidikan negeri yang siswa-siswinya kesulitan selama belajar daring diadakan sebagai sasaran tepat untuk melaksanakan KKNT Covid-19 ITS002. Yakni, SDN Sumberkedawung IV Leces, Kabupaten Probolinggo dan SDN Purwanoro VII, Kota Malang.

Di SDN Sumberkedawung IV, kelompok KKNT Covid-19 ITS02 mengubah model pembelajaran tatap muka di sekolah yang membosankan menjadi tatap muka yang mudah dipahami dan tidak membosankan bagi pelajar kelas 6. Caranya, membuat video pembelajaran mata pelajaran yang terkesan sulit bagi siswa-siswi. Seperti matematika, IPA, dan bahasa Indonesia.

Video ini bisa diakses di platform YouTube. Sehingga, siswa-siswi yang kurang paham bisa mengulangi pembelajarannya kapan dan di mana saja. Alhasil, penerapan metode ini berdampak pada peningkatan nilai tugas siswa.

Selain video pembelajaran, mereka juga menggagas pohon literasi. Pohon ini berisi soal dan jawaban dari pelajaran yang didapat siswa-siswi setiap harinya. Pembelajarannya sengaja dikonsep game agar lebih menarik.

VIDEO: Materi yang disajikan melalui video pembelajaran terbukti efektif meningkatkan efektivitas belajar siswa.

 

Di SDN Sumberkedawung IV, ada 48 pelajar kelas 6 yang terbagi dalam 2 kelas. Kelas 6A dan kelas 6 B. Sejak pandemi, sekolah yang dikepalai Nurul Susiana, ini begitu terbantu dengan kehadiran kelompok KKNT Covid-19 ITS02 yang telah mengawal pembelajaran tahun ajaran baru 2020/2021 sesuai protokol kesehatan. Kegiatan ini digelar selama sebulan sejak 18 Agustus 2020.

Wali kelas 6A SDN Sumberkedawung IV Nur’aeni mengaku bersyukur dengan kehadiran kelompok KKNT Covid-19 ITS02. Mereka menjadi penyemangat tersendiri dalam kegiatan belajar mengajar.

“Mengajar anak-anak di masa pandemi ini tantangan. Anak-anak kurang paham materi kalau sekolah daring dari rumah. Bahkan, meski sudah diberi materi maupun soal dari buku paket, jawabannya tidak sesuai di buku. Ternyata mereka mencari di Google,” ujarnya.

Menurutnya, program yang diberikan kelompok KKNT Covid-19, bagi siswa SDN Sumberkedawung IV, begitu tepat sasaran. Meski harus menerapkan protokol kesehatan, sekolah tatap muka dengan menjaga jarak dan bermasker, anak-anak bisa mudah mencerna materi yang diberikan.

“Kalau saya awam tentang IT. Apalagi, bila harus membuat video pembelajaran. Pohon literasi juga bagi kami mampu meningkatkan minat baca para siswa-siswi,” ungkapnya.

Sedikit berbeda dengan SDN Sumberkedawung, di SDN Purwanoro VII Kota Malang, kelompok KKNT Covid-19, juga membuat video pembelajaran. Namun, bagi siswa kelas 5 dan kelas 6. Khusus, mata pelajaran matematika.

Pengabdian sejumlah mahasiswa untuk masyarakat di SDN Purwanoro, diwujudkan dengan memberikan pembelajaran matematika. Pelajaran itu disampaikan secara daring melalui video call setiap Kamis dan Jumat, selama sebulan sejak 3 September 2020. Syukur, metodenya menarik dan mudah dipahami serta berdampak signifikan terhadap nilai yang diraih peserta didik.

Kelompok KKNT Covid-19 ITS02 ini, terdiri dari Silva Mutimmatus Syaadah, Firdausy Nuzula, Surya Adikara Putra, Izza Rachma Jesika, Silvia Mutimmatus Syaadah, dan Okta Nirmala Putri Vindi Marditillah. (el/ adv)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Sopirnya Diduga Ngantuk, Mobil Xenia Tabrak Pohon–Pagar Sekolah

Mobil tiba-tiba mengarah ke kiri, hingga kemudian menabrak dua pohon palm dan mangga. Selanjutnya menabrak pagar sekolah, hingga laju kendaraan seketika itu langsung berhenti.

Debat Publik Perdana Pilwali Pasuruan Usung Tema Kesejahteraan

Dua pasangan calon yang berebut dukungan rakyat Kota Pasuruan berdebat dalam 6 segmen. Total durasi seluruh acara selama 120 menit.

Dua Pohon Tumbang Timpa Motor-Macetkan Jalan di Pasuruan

Pohon tumbang usai diterjang angin kencang.

Salip Kiri, Warga Rembang Tewas Terlindas Truk Gandeng di Rejoso

Korban meregang nyawa saat hendak berangkat kerja.

Dana Kebencanaan Kota Pasuruan Sudah Terserap 70 Persen

Dana kebencanaan yang dimiliki oleh Pemkot Pasuruan tahun ini diyakini mencukupi.