BPBD Pastikan Potensi Gempa di Kota Pasuruan Kecil

PURWOREJO, Radar Bromo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan memastikan Kota Pasuruan masih berpotensi terjadi gempa meski kecil. Karenanya, BPBD meminta masyarakat selalu waspada.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Pasuruan Catur Aldoko mengatakan, potensi gempa bumi tidak selalu diawali dengan surutnya air laut di bibir pantai. Gempa ini bisa terjadi kapan saja dan pada waktu yang tidak terduga. “Gempa bumi yang cukup rawan di Indonesia, gempa megathrust. Ini potensinya terjadi membentang di sepanjang garis pantai Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, hingga Maluku,” ujarnya.

Catur menjelaskan, gempa ini paling rawan di bibir pantai selatan. Sehingga, untuk wilayah Kota Pasuruan, potensinya rendah. Sebab, kondisi geografis Kota Pasuruan terletak di dekat laut Jawa yang relatif tenang. “Tetap ada potensi gempa bumi. Cuma sangat kecil. Paling tinggi itu di wilayah selatan. Seperti Tulungagung ataupun Trenggalek,” ujarnya.

Meski terbilang rendah, pihaknya tetap mengantisipasinya. Misalnya, dengan rutin menyosialisasikan tentang gempa dan jenis-jenisnya. Termasuk memberikan pelatihan dalam keluarga dan kader di setiap kelurahan di empat kecamatan.

“Meski kecil, namun kan bukan berarti tidak ada sama sekali. Potensi masih ada, makanya sosialisasi dan pelatihan bencana itu sangat diperlukan untuk meminimalisasi dampaknya,” ujar Catur. (riz/rud/fun)