alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Duh, Macet Imbas Wisata Cimory saat Weekend di Prigen sampai Candiwates

PRIGEN, Radar Bromo – Kemacetan panjang di jalur wisata Tretes atau jalur Pandaan-Prigen, imbas beroperasionalnya wisata anyar Cimory, masih saja terjadi. Upaya rekayasa lalu lintas, pengerahan personel di sekitar wisata Cimory, rupanya belum banyak membantu.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo saat weekend kemarin, kemacetan terpantau mulai pagi hingga sore hari. Kemacetan terpantau hingga 3-4 kilometer untuk kendaraan yang melaju dari arah Pandaan ke Prigen. Sementara, dari arah Prigen ke Pandaan hanya 1-1,5 kilometer.

“Penyebab macetnya jalur wisata Tretes ini tetap sama dengan saat weekend di pekan-pekan sebelumnya. Yakni, imbas dari operasional wisata Cimory (di Kelurahan/Kecamatan Prigen). Tapi, akhir pekan ini sedikit lebih lancar dari dua pekan sebelumnya,” jelas Kapolsek Prigen Iptu Slamet Wahyudi.

Agar arus lalin tetap bisa berjalan normal, pihak kepolisian sudah menempatkan sedikitnya lima personel standby di sekitar Cimory. Selain itu, juga dibantu dari Unit Lantas Polsek Pandaan serta Turjawali Satlantas Polres Pasuruan.

Petugas juga mengarahkan agar kendaraan memutar melintas di sejumlah ruas jalan alternatif. Yakni, lewat Ketan Ireng dan Ledug. Serta Sekarjoho dan Lumbangrejo, Kecamatan Prigen. Agar arus lalu lintas tidak menumpuk di jalur utama. Baik dari Pandaan ke Prigen dan sebaliknya.

PANJANG: Ekor kemacetan Cimory terasa sampai di Desa Candiwates, Prigen. (Rizal Syatori/Radar Bromo)

 

“Kendala utamanya adalah terbatasnya lahan parkir, pengunjung yang datang tidak sebanding dengan kendaraan yang datang. Utamanya untuk mobil, minibus, dan bus. Dalam waktu dekat segera kami koordinasi lagi dengan pihak terkait, juga Cimory,” bebernya.

Sementara itu, Sofyan, HRD Cimory saat dihubungi Jawa Pos Radar Bromo mengaku, jumlah pengunjung yang membeludak saat weekend tidak bisa dihindari. “Untuk hari biasa, normal dan tak sampai macet panjang. Membeludaknya pengunjung sekaligus arus lalin menjadi macet hanya dijumpai saat weekend saja,” katanya.

Saat disinggung keterbatasan lahan parkir yang tersedia. Terutama untuk mobil, minibus, dan bus, pihak Cimory mengaku, sejatinya sudah menyiapkan lahan tambahan di dalam lokasi wisata Cimory. Namun, sejauh ini belum bisa difungsikan secara maksimal.

“Daya tampung parkir di tempat kami untuk minibus dan bus masing-masing 10 unit. Sedangkan mobil pribadi bisa sampai dengan 300 kendaraan. Begitu juga motor, mampu menampung hingga ratusan unit,” kata Sofyan.

“Untuk alternatif lokasi parkir lain, terus kami koordinasikan dengan instansi terkait. Termasuk LPM dan Karang Taruna Kelurahan Prigen,” tuturnya. (zal/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

PNS Pemkab Pasuruan Kendat, Pernah Ajak Istri Minum Baygon

Peristiwa nahas ini diketahui pertama kali oleh istri korban sekitar pukul 07.30.

Diduga Ngantuk, Pasutri Tabrak Truk Parkir di Kraton, Suami Tewas

Siang itu pasutri itu dari Polres Pasuruan untuk mengurus SKCK dan berencana pulang

Kemenhub Minta Tambah Penguji di Balai Uji Kir Kraksaan

Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, mendapatkan catatan dari tim akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Ratusan Petani di Kota Probolinggo Terancam Tak Dapat Pupuk Subsidi

Sebab, mereka tidak terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

KONI Kab Pasuruan Digerojok Rp 5,4 M

Prestasi dunia olahraga di Kabupaten Pasuruan harus lebih baik tahun depan.