BPCB Jatim Turunkan 7 Personel, Ekskavasi Bata Cagar Budaya

SEGERA DIGALI: Tim dari BPCB Jatim mulai mengekskavasi struktur bata cagar budaya di Dusun Kalongan, Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (15/12). (Rizal Fahmi Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANDAAN – Setelah sekitar empat bulan menunggu, proses ekskavasi terhadap struktur bata benda cagar budaya di Dusun Kalongan, Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, akhirnya dilakukan. Tim dari Balai Pemeliharaan Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim), menggali sejumlah bata yang dinilai sebagai benda purbakala itu.

Dalam proses ini, BPCB Jatim menurunkan tujuh personel dan dua di antaranya merupakan arkeolog. BPCB juga banyak melibatkan emat warga sekitar. Termasuk, penemu kali pertama struktur batu bata itu yang juga pemilik lahan, Prawoto. “Proses ekskavasi ini kami lakukan sekitar 10 hari. Mulai pagi hingga sore dan tergantung situasi di lapangan,” ujar Arkeolog dari BPCB Jatim, Nonik Kristina.

Di hari pertama, tim BPCB tidak langsung menggali. Mereka lebih dulu menentukan letak dan titik-titik yang akan diekskavasi. Dilanjutkan membuat titik kotak-kotak yang sebagai tanda lokasi yang dijadikan fokus penggalian.

Sedangkan luas lahan yang akan diekskavasi, mengikuti struktur bata. Diketahui, bata ini merupakan benda cagar budaya dan diduga peninggalan kerajaan Majapahit yang berfungsi sebagai saluran air, namun sudah tertutup. Luasnya sekitar 80 meter persegi dengan rincian, sepanjang 40 meter dan selebar 2 meter.

“Awal ekskavasi ini kami masih proses mengrid area dan belum selesai. Ini butuh waktu lumayan lama dan tidak cukup sehari. Jika sudah, baru akan dilakukan pengupasan tanah dengan system load yang akan dilakukan secara manual,” jelasnya.

Nonik mengatakan, kegiatan ini sepenuhnya dibiayai dari APBN. Ekskavasi dilakukan bertujuan mengali struktur bata di Dusun Kalongan. Termasuk, mencari tahu adakah rangkaian struktur lainnya. “Ini juga bagian dari proses penelitian yang harus dilakukan,” ujarnya. (zal/rud)