alexametrics
24C
Probolinggo
Monday, 18 January 2021

Lereng Arjuno di Lawang Terbakar, Jalur Pendakian Kembali Ditutup

PRIGEN – Jalur pendakian menuju Gunung Arjuno dan Gunung Welirang, kembali ditutup untuk sementara. Keputusan ini diberlakukan UPT Tahura R. Soerdjo selaku pengelola mulai Senin (15/10) hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Penutupan jalur pendakian ini berlaku di semua pos izin pendakian. Baik di Tretes dan Jatiarjo, Kecamatan Prigen, maupun di Tambaksari, Kecamatan Purwodadi. Begitu juga di Lawang, Kabupaten Malang dan Sumber Brantas, Kota Batu. “Pentutupan jalur pendakian ini sifatnya resmi untuk umum. Berlaku sementara sampai dengan diumumkannya kembali pembukaannya,” ujar Kepala Seksi UPT Tahura R. Soerdjo wilayah Kabupaten Pasuruan, Dedi Hadiana.

Menurutnya, keputusan penutupan sementara jalur pendakian ini dikarenakan terjadi kebakaran hutan di wilayah UPT Tahura R. Soerdjo. Tepatnya, di Blok Lincing, Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Kebakaran yang terjadi sejak Minggu (14/10) sore itu, sampai besoknya belum berhasil dipadamkan.

Bahkan, api menyebar ke arah Curah Sriti, di Singgosari, Kabupaten Malang. Namun, soal luas lahan yang terbakar, Dedi mengaku belum bisa menyebutkan. Sebab, api belum padam dan harus dilakukan evaluasi dulu. “Kebakaran hutannya ada di wilayah Lawang menjalar ke Singosari. Sampai sekarang (Senin, 15/10) upaya pemadaman masih berlangsung. Agar tidak berisiko, maka jalur pendakian kami tutup sementara,” ujarnya. (zal/rud/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU