Makin Banyak, Dishub Siap Bina Supeltas di Kota Probolinggo

MAYANGAN – Keberadaan sukarelawan pengatur lalu lintas (supeltas) semakin banyak di Kota Probolinggo. Keberadaan mereka pun mendapat perhatian dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo.

Kepala Dishub Kota Probolinggo Sumadi memastikan akan melakukan pembinaan terhadap mereka. “Memang cukup banyak relawan lalu lintas. Sepengetahuan saya ada 3 orang,” ujarnya.

Tiga relawan itu, menurutnya, di antaranya berada di Jalan Semeru, Jalan Anggrek, serta di Jalan Cokroaminoto. Namun, dari pantauan harian Jawa Pos Radar Bromo, jumlah relawan lalu lintas di Kota Probolinggo lebih dari 3 orang.

Seperti, di Jalan Soekarno-Hatta dekat SMAN 1 Kota Probolinggo; di pertigaan Perumahan Asabri Kelurahan Kanigaran; dan di Jalan Bengawan Solo. Dengan menggunakan rompi berwarna terang dan sebuah tongkat, mereka ikut membantu mengurai kemacetan arus lalu lintas.

Meski tak dibayar, mereka rela berpanas-panas untuk membantu kendaraan menyeberang jalan. Syukur, ada pengendara yang peduli dengan memberi mereka imbalan. “Sifatnya mereka ini relawan. Mereka warga yang ingin ikut serta membantu kelancaran arus lalu lintas,” ujar Sumadi.

Mengenai langkah ke depan, Sumadi mengaku, akan segera melakukan pembinaan. “Pembinaan ini agar mereka mengetahui bagaimana cara mengatur arus lalu lintas yang benar. Supaya bisa membantu mengurai arus lalu lintas kalau pas padat,” ujar mantan Camat Mayangan tersebut. (put/rud)