alexametrics
24C
Probolinggo
Monday, 18 January 2021

Ini Titik Rawan Macet-Kecelakaan di Jalur Selatan Probolinggo

LECES – Persiapan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, terus dilakukan Satlantas Polres Probolinggo. Rabu (15/5), Satlantas mengecek jalur selatan Probolinggo. Sejumlah titik kerawanan jalur tengkorak dan kemacetan harus diwaspadai pengguna jalan.

Terutama, di persimpangan exit Tol Leces yang rawan kemacetan dan banyak pengemudi yang terobos traffic light. Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, tim gabungan Satlantas, Dishub Kabupaten Probolinggo, dan Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya, mengecek jalur selatan mulai dari Desa Jorongan, Kecamatan Leces.

Di sana, ada jalan bergelombang di sekitar persimpangan rel Kereta Api (KA). Kemudian, pengecekan beralih ke traffic lightexit Tol Leces dan terakhir di perlintasan KA Desa Malasan, Kecamatan Tegalsiwalan.

Ketiga titik itu memiliki kerawanan sendiri. Mulai dari kerawanan kemacetan arus lalu lintas dan kerawanan kecelakaan. Karenanya, Satlantas berencana menempatkan pos pengamanan di exit Tol Leces.

Kasatlantas Polres Probolinggo AKP Ega Prayudi mengatakan, menjelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri, pihaknya melakukan survei jalur. Terutama jalur yang kurang baik. Termasuk, titik rawan kemacetan seperti di exit Tol Leces. “Kami akan dirikan pos pengamanan atau rekayasa jalur di lokasi titik rawan,” ujarnya.

Jalur tengkorak sendiri, dikatakan Ega, juga disurvei. Pihaknya akan koordinasikan adanya jalan bergelombang ataupun kekurangan rambu di jalur Desa Malasan, Kecamatan Tegalsiwalan. “Jalan bergelombang sudah dikoordinasikan dengan PU. Mereka siap untuk segera memperbaiki,” ujarnya.

Sementara itu, petugas dari BBPJN VIII Surabaya Hendy mengatakan, jalan bergelombang di Desa Jorongan, Kecamatan Leces, akan diupayakan segera diperbaiki. Di sana, ada jalan sepanjang sekitar 50 meter yang perlu diperbaiki. “Jalur jalan selatan sudah terpantau. Kami estimasi tanggal 22 Mei sudah selesai diperbaiki semua,” ujarnya. (mas/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU