Jalan Bromo Langganan Parkir Sembarangan, Dishub Baru Beri Teguran

KADEMANGAN – Selama ini Jalan Raya Bromo, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo kerap dijadikan tempat parkir truk sembarangan. Tak jarang, truk yang diparkir ditinggal begitu saja oleh sopirnya. Nah, Kamis (13/12) malam, truk-truk itu pun ditertibkan.

Penertiban dilakukan oleh tim gabungan. Mulai perwakilan Kemenhub Terminal Bayuangga, Dishub Kota Probolinggo, Satlantas Polresta, Satpol PP, dan Sub Denpom. Sasarannya, truk yang parkir di sepanjang Jl Raya Bromo.

Budi Raharjo, kepala UPT Terminal yang merupakan perwakilan dari Kemenhub mengatakan, razia gabungan dilakukan untuk menyasar truk parkir di tempat terlarang. Yaitu di tepi jalan, sepanjang Jl Raya Bromo.

Meski larangan parkir telah terpasang, banyak truk yang diparkir di sana. Mereka semua pun kena razia petugas. Namun, petugas kesulitan menertibkan truk yang ditinggal pulang oleh sopirnya. “Rata-rata sopir yang tinggalnya di Probolinggo yang meninggalkan truknya parkir,” terang Budi.

Razia, menurut Budi, dilakukan sebagai bagian dari kegiatan cipta kondisi. Selain itu, penertiban dilakukan karena jalur tersebut akan jadi exit tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro).

Truk yang ditemukan parkir di tepi Jalan Raya Bromo, diberi teguran. Mereka diminta parkir di area yang sudah ditentukan, yaitu terminal kargo di Mayangan. “Saat ini kami beri teguran. Kalau besok truk itu masih ada, kami akan tilang lantaran parkir sembarangan,” imbuhnya.

Pihaknya, menurut Budi, sebenarnya sudah berkali-kali memberikan sosialisasi. “Kami juga sudah beberapa kali memberikan peringatan. Namun, mereka tetap membandel. Bahkan, rambu yang berada di sekitar terminal dirusak dengan cara ditabrak,” ujar Budi. (rpd/hn)