Asyik, Urus KK-Akta Kematian Kini Cukup di Kelurahan

MAYANGAN – Kini semua kelurahan di Kota Probolinggo bisa melayani pembuatan kartu keluarga (KK) dan akta kematian. Karena itu, warga tidak perlu lagi datang ke kantor Dispendukcapil untuk mendapatkan dua layanan itu.

Wali Kota Probolinggo Rukmini pun memastikan, dua layanan itu bisa didapat di kelurahan, Selasa (14/8) dengan inspeksi mendadak (sidak). Sidak dimulai pukul 10.00 di dua kelurahan, yaitu Pohsangit Kidul, Kecamatan Kademangan dan Kareng Lor, Kecamatan Kedopok.

“Sidak ini untuk memastikan kesiapan kelurahan memberikan layanan administrasi kependudukan. Kami melihat, SDM dan perangkat lunak sudah siap,” ujar Rukmini.

Rukmini menyebut, pelayanan administrasi kependudukan hendaknya dimulai dari kantor yang paling dekat dengan masyarakat. Yaitu, kelurahan.

“Misalnya pembuatan KK dan akta kematian, bisa dilakukan di kelurahan. Tidak perlu jauh-jauh ke Dispendukcapil,” ujarnya.

Dari 29 kelurahan yang ada di kota, Rukmini dengan didampingi sejumlah kepala OPD dan camat, sengaja mendatangi 2 kelurahan yang jauh dari pusat kota. “Kami memilih dua kelurahan yang lokasinya jauh. Kalau kelurahan yang jauh bisa memberikan layanan bagus, maka kelurahan yang lebih dekat harus lebih bagus lagi fasilitas layanannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Tartib Gunawan, kepala Dispendukcapil mengungkapkan, sementara ini baru 2 jenis layanan kependudukan yang bisa dilayani di kelurahan. “Yaitu, pembuatan KK dan akta kematian. Namun, secara bertahap, layanan lain juga akan diberikan di kelurahan,” ujarnya.

Dengan layanan di kelurahan, diharapkan warga tidak terlalu jauh mengurus kelengkapan administrasi kependudukan. “Bisa dilakukan di kantor terdekat yaitu kantor kelurahan,” ujarnya. (put/hn/mie)