Tingkatkan Empat Ruas Jalan Nasional di Pasuruan dan Probolinggo

PASURUAN, Radar Bromo – Pengendara dipastikan bakal semakin nyaman saat melintas di ruas jalan nasional Pasuruan-Probolinggo. Pasalnya, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII bakal merehab empat ruas jalan tahun ini.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN VIII wilayah Gempol Pasuruan Probolinggo Rudy Napitupulu mengungkapkan, ada empat ruas jalan yang bakal direkonstruksi tahun 2020. Total panjang jalan yang direkonstruksi ini mencapai 4 kilometer.

Empat ruas jalan ini adalah Jalan Raya Gempol sampai batas kota Bangil, Pasuruan sepanjang 400 meter. Penanganannya dengan mengganti aspal lama menggunakan beton. Lalu Jalan Kartini, Bangil sepanjang 400 meter.

Ruas jalan ini ditangani dengan mengganti aspal lama menggunakan aspal karet. Kemudian Jalan Hamka, Kota Probolinggo sepanjang 2,8 kilometer. Caranya, mengganti aspal lama dengan beton. Serta Jalan Raya Laweyan- Sukapura sepanjang 400 meter yang akan diperbaiki dengan aspal plastik.

“Tahun ini ada empat ruas jalan yang kami tangani. Namun anggarannya belum bisa kami sebutkan karena masih dalam tahap lelang,” ungkapnya.

Pria asal Kota Medan, Sumatera Utara, ini menjelaskan, rekonstruksi empat ruas jalan ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya, ruas jalan ini kerap dilewati oleh kendaraan besar setiap harinya. Akibatnya, landasannya pun ambles dan aspalnya berlubang.

Menurutnya, jika tidak diperbaiki, maka dikhawatirkan bisa membahayakan pengguna jalan. Pihaknya menargetkan tahap lelang rampung pada akhir triwulan pertama. Sehingga, bisa segera digarap di triwulan kedua.

“Kontraknya itu satu tahun sampai akhir Desember mendatang. Tahap lelang baru saja dilakukan. Mudah-mudahan April sudah mulai dikerjakan oleh pemenang,” terang Rudy. (riz/hn/fun)