Melanggar, Dua APK Caleg di Kota Probolinggo Ini Diturunkan

MAYANGAN – Dua alat peraga kampanye (APK) milik dua calon legislatif (caleg) yang terpasang di Jalan Panglima Sudirman dan Jalan Dr. Soetomo, Kota Probolinggo, diturunkan tim gabungan, Kamis (13/12). Dua APK berukuran cukup besar itu diturunkan karena melanggar cara dan tempat pemasangan.

Penurunan dua APK itu melibatkan Bawaslu, KPU, Satpol PP Kota Probolinggo, serta Mapolres Probolinggo Kota. Karena posisinya cukup tinggi, dua baliho itu diturunkan menggunakan skylift milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo.

Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Kota Probolinggo Samsun Ninilau mengatakan, dua APK itu berada di lokasi berbeda. Pertama, APK di Jalan Panglima Sudirman dan kedua di Jalan Dr. Soetomo. “Jalan Panglima Sudirman dan Jalan Soekarno Hatta harus bersih dari APK. Makanya, baliho di Pertigaan King itu kami turunkan,” ujarnya.

Sedangkan APK yang terpasang di Jalan Dr. Soetomo juga diturunkan meski lokasi ini bukan lokasi steril APK. Samsun mengatakan, APK di Jalan dr. Soetomo itu diturunkan karena dipasang melintang jalan. “Itu tidak boleh meski Jalan dr. Soetomo bukan jalan yang steril dari APK,” ujarnya.

Menurutnya, APK boleh dipasang di Jalan Dr. Soetomo, namun posisinya di tepi jalan, bukan melintang jalan. “Termasuk, pemasangan APK di pagar trotoar yang ada di tikungan, juga tidak boleh. Penurunan APK dilakukan pagi saat lalu lintas jalan raya cukup padat. Namun, kami dibantu Dishub dan kepolisian untuk membantu mengatur arus lalu lintas,” ujarnya. (put/rud)