Gandeng Kelurahan-Dispendukcapil Agar Pendataan Makam Maksimal

MAKAM UMUM: Warga melintas di sekitar pemakaman Purutrejo II. Saat ini Pemkot gencar melakukan pendataan ahli waris untuk mengidentifikasi identitas makam. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANGGUNGREJO – Penataan ulang pada sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Pasuruan terus dilakukan. Dalam pendataan ribuan makam tanpa identitas ini, Pemkot melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) kelurahan setempat.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pasuruan Dwi Ermitasari mengungkapkan, pendataan makam masih terus berlanjut. Pasalnya, Perkim masih menemukan banyak makam tanpa dilengkapi identitas.

Upaya Perkim untuk mendata ulang selama Ramadan lalu juga belum maksimal. Banyak ahli waris yang datang untuk berziarah, namun mereka tidak membawa identitas seperti nomor induk kependudukan (NIK), baik bagi pihak yang meninggal maupun ahli waris untuk registrasi.

Awal Juli lalu, pihaknya mulai melakukan sosialisasi dengan melibatkan kelurahan setempat melalui surat selebaran. Dalam sosialisasi ini, Perkim meminta warga yang merasa memiliki keluarga di enam TPU tersebut untuk segera melapor.

Warga bisa melakukan registrasi ulang dengan mendatangi langsung kantor Dinas Perkim di Jalan Pahlawan, Kelurahan Pekuncen. Agar memudahkan pendataan, Perkim juga bekerja sama dengan Dispendukcapil. Sehingga, jika ada warga Kota Pasuruan yang meninggal bisa langsung terdata.

“Pendataan makam terus berlanjut. Terakhir, kami sudah memberikan surat permohonan untuk pendataan ulang melalui Kelurahan,” kata Mita -sapaan akrabnya-.

Mita menjelaskan, dari hasil pendataan terakhir di enam TPU diketahui di Makam Cina (Bong) terdapat 1.415 makam dan 419 makam di antaranya tanpa identitas, di Makam Kristen Temenggungan terdapat 1.079 makam dan 162 makam tanpa identitas dan TPU Gadingrejo terdapat 28.327 makam dan 14.452 makam tanpa identitas.

Kemudian, di TPU Bugulkidul terdapat 6.824 makam dan 2.226 makam tanpa identitas. Kemudian, TPU Purut I terdapat 7.417 makam dan 2.761 makam tanpa identitas serta TPU Purut II terdapat 5.462 makam dan 905 makam tanpa identitas.

“Pendataan masih terus berlangsung dan akan terus kami update sampai akhir tahun ini. Kami mohon kerja samanya dari masyarakat untuk segera melapor,” terangnya. (riz/fun)