alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Ramadan, Rumah Makan di Kab Pasuruan Baru Boleh Buka Pukul 15.00

BANGIL – Para pelaku usaha rumah makan di Kabupaten Pasuruan selama Ramadan 1440 Hijriah, juga harus “berpuasa” untuk mengais rezeki di siang hari. Mereka dilarang berjualan mulai pagi sampai pukul 15.00. Bila nekat, mereka harus siap berurusan dengan Satpol PP Kabupaten Pasuruan.

Selama Ramadan, mereka dilarang berjualan mulai pagi sampai siang. Meski sudah memakai tabir atau membuka warungnya separo. Mereka baru boleh berjualan mulai pukul 15.00.

Kebijakan ini diberlakukan atas kesepakatan bersama antara Pemkab Pasuruan dengan pengurus organisasi Islam serta Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan. “Kami sudah sosialisasikan kebijakan ini ke sejumlah warung ataupun rumah makan di Kabupaten Pasuruan,” ujar Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Pasuruan Ajar Dollar.

Ajar mengatakan, selama Ramadan 1440 Hijriah, para pelaku usaha rumah makan benar-benar dilarang berjualan di siang hari. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, para pedagang masih diperbolehkan berjualan meski harus memakai tabir.

Namun, kata Ajar, Ramadan tahun ini tidak diperkenankan lagi. Rumah-rumah makan harus tutup total. Mereka baru boleh beroperasi setelah pukul 15.00. “Sesuai pasal 14 dalam kesepakan bersama itu, para pelaku usaha makanan dilarang beroperasi mulai pagi hingga pukul 15.00. Mereka benar-benar harus tutup,” jelasnya.

Bila tidak, tentu akan ada sanksi yang diberlakukan. Baik teguran ataupun tindak pidana ringan (tipiring). Karena kebijakan itu juga diatur dalam Perda Nomor 2/2017 tentang Ketertiban Umum Masyarakat. “Kami akan menggelar patroli gabungan dalam rangka memantau atau sidak (inspeksi mendadak) ke rumah makan, warung, restoran, ataupun depot,” ujarnya.

Mendapati kebijakan baru itu, salah satu pedagang di wilayah Pogar, Kecamatan Bangil, Ari mengatakan, kebijakan ini memberatkan. Sebab, membuka warung makan menjadi satu-satunya mata pencahariannya. “Kalau pemerintah mau memberikan kompensasi selama sebulan, gak masalah kami tutup. Kami juga sama-sama cari makan,” ujarnya.

Apalagi, menurutnya, tidak semua warga berpuasa. “Kan ada yang berhalangan, mereka tidak bisa puasa. Kami melayani itu,” ujarnya. (one/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

PNS Pemkab Pasuruan Kendat, Pernah Ajak Istri Minum Baygon

Peristiwa nahas ini diketahui pertama kali oleh istri korban sekitar pukul 07.30.

Diduga Ngantuk, Pasutri Tabrak Truk Parkir di Kraton, Suami Tewas

Siang itu pasutri itu dari Polres Pasuruan untuk mengurus SKCK dan berencana pulang

Kemenhub Minta Tambah Penguji di Balai Uji Kir Kraksaan

Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, mendapatkan catatan dari tim akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Ratusan Petani di Kota Probolinggo Terancam Tak Dapat Pupuk Subsidi

Sebab, mereka tidak terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

KONI Kab Pasuruan Digerojok Rp 5,4 M

Prestasi dunia olahraga di Kabupaten Pasuruan harus lebih baik tahun depan.