Dites, Banyak Sopir Bus di Terminal Bayuangga Alami Hipertensi

PROBOLINGGO – Menjelang arus mudik Lebaran, Polres Probolinggo Kota mengintensifkan pengawasan terhadap keamanan transportasi umum. Pemeriksaan kendaraan dan sopir pun dilakukan Senin (13/5).

Pemeriksaan dilakukan di Terminal Bayuangga, Kota Probolinggo. Untuk sopir, dilakukan pemeriksaan kesehatan. Meliputi cek tekanan darah dan uurine.

Sementara untuk kendaraan, dilakukan pengecekan kondisi sejumlah bus. Polresta dengan didampingi sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan, mengecek keamanan bus.

“Kalau dari pemeriksaan kesehatan, banyak ditemukan sopir yang hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tadi sudah mendapatkan obat untuk dikonsumsi setelah berbuka,” ujar Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal.

Sedangkan untuk bus, Alfian melihat kondisinya dalam keadaan bagus. Selain fisik bodi bus, petugas juga mengecek kelengkapan bus. Seperti rem, kondisi ban, lampu.

“Untuk ban jangan sampai yang digunakan sudah gundul. Juga pengereman harus dipastikan kelayakannya,” ujarnya.

Wali Kota Hadi Zainal Abidin dan Wakil Wali Kota Moch Soufis Subri yang ikut pengecekan ke Terminal Bayuangga juga memberikan perhatian khusus pada keamanan transportasi. Menurut Wali Kota, bus adalah salah satu moda angkutan darat yang banyak digunakan mudik.

“Untuk armada bus yang digunakan mudik sudah aman dan cukup. Tinggal kelaikannya yang harus dipastikan,” ujarnya. (put/hn)