Bahaya, Ada Limbah Diduga Mengandung B3 Dibuang di Eks Galian C di Kejayan

MASIH DISELIDIKI: Personel Satpol PP mendatangi lokasi di Desa Ambal-ambil di Kejayan yang diduga menjadi tempat pembuangan limbah B3. (Satpol PP Kabupaten Pasuruan for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KEJAYAN – Limbah yang diduga bahan berbahaya dan beracun (B3) ditemukan di Desa Ambal Ambil, Kecamata Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Senin (13/5). Limbah ini ditemukan di eks tambang galian C.

EKS TAMBANG: Lokasi yang dijadikan tempat pembuangan limbah ini dahulunya bekas eks lahan tambang. (Satpol PP Kabupaten Pasuruan for Jawa Pos Radar Bromo)

Limbah ini dibuang dengan menggunakan tong berukuran besar. Ada puluhan tong berisi limbah ini lantas dibuang secara sembarangan. Masyarakat setempat pun mengeluhkan baunya yang menyengat dan melaporkan hal ini pada DLH Kabupaten Pasuruan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan Indra Hernandi mengungkapkan, keberadaan limbah itu diketahui dari laporan masyarakat setempat. Namun, pihaknya belum bisa memastikan apakah limbah tersebut termasuk limbah B3 atau bukan.

Untuk memastikannya, harus dilakukan uji laboratorium untuk mendeteksi dan mengidentifikasi karakteristik limbah tersebut. Informasi lain yang didapat, limbah itu dibuang oleh warga Sidoarjo. Dan, inilah yang sedang ditelusuri oleh DLH saat ini.

Indra menyebut, pembuangan limbah sembarangan tidak diperbolehkan. Utamanya jika limbah ini termasuk limbah B3, karena bisa membahayakan masyarakat sekitar. Limbah ini harus dikelola dan dibuang secara benar oleh perusahaan.

“Memang betul tadi anggota di lapangan ke lokasi yang dimaksud untuk memastikan laporan penemuan limbah itu. Diduga limbah itu limbah B3. Saya sendiri belum bisa memastikan. Kebetulan saya sedang dinas luar,” jelasnya. (riz/fun)