alexametrics
24.6 C
Probolinggo
Monday, 30 November 2020

Gelontor Rp 1,2 Miliar untuk Bangun 10 Toilet di Tiga Lokasi Wisata

KRAKSAAN – Kenyamanan di lokasi wisata terus menjadi perhatian Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo. Tahun ini misalnya, Disporaparbud akan membangun 9 unit toilet dan 1 toilet komunal di tiga lokasi wisata di kabupaten.

Tak tanggung-tanggung, anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan toilet tersebut sekitar Rp 1,2 miliar. Rinciannya, pembangunan toilet komunal di Wisma Ucik, Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura. Pembangunan toilet komunal ini anggarannya Rp 237 juta.

Selanjutnya, empat unit toilet akan dibangun di wisata Ranu Segaran, Kecamatan Tiris. Pembangunan empat unit toilet ini dianggarkan sekitar Rp 380 juta. Dan, yang terakhir yaitu pembangunan lima unit toilet di wisata P 30, Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber. Anggarannya mencapai Rp 750 juta.

Semua anggaran bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata. “Tujuan pembangunan itu juga untuk memberikan pelayanan dan melengkapi fasilitas di daerah wisata. Sehingga, wisatawan merasa lebih nyaman,” terang Kasi Destinasi Wisata, Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Musa.

Dilanjutkan Musa, anggaran pembangunan toilet itu memang cukup besar. Namun, dia memastikan, anggaran itu sudah sesuai dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB). Sehingga, tidak ada pemborosan dalam pembangunan toilet itu.

“Itu, sudah sesuai RAB. Saat kami hitung memang anggarannya seperti itu. Juga toilet ini dibangun bertaraf internasional. Jadi, bukan bertaraf nasional,” tuturnya.

Selain itu, dua lokasi pembangunan berada di pegunungan. Di wisata P30 misalnya, pembangunanya berada di puncak. Sehingga, membutuhkan anggaran transportasi yang cukup besar.

“Yang besar trasportasinya. Sebab, ada di pegunungan semua. Jadi, anggarannya besar. Untuk mengangkut materialnya saja sudah cukup besar anggarannya,” tandasnya.

Saat ini, menurutnya, pembangunan toilet itu dalam proses perencanaan. “Semuanya masih dalam proses perencanaan. Nanti akan dibangun pada triwulan kedua,” katanya.

Rencananya, proyek ini akan dilelang. Sebab, anggaran pembangunannya cukup besar. “Lebih dari Rp 200 juta anggarannya. Jadi ya dilakukan lelang. Proses lelang saat ini masih belum dibuka. Untuk pembukaannya kami belum tahu kapan,” tandasnya. (sid/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Produksi Garam di Kab Probolinggo Turun Separo

Musim hujan seakan menjadi “musuh” bagi petani garam di Kabupaten Probolinggo.

Agenda Paripurna Pengesahan APBD 2021 Kab Pasuruan Amburadul

Kegiatan paripurna itu sendiri, memang seharusnya disahkan Senin ini (30/11).

Pemeliharaan Jalan Nasional Hanya Dialokasikan Rp 13 Miliar

Sejumlah ruas jalan nasional mulai dari Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, hingga Kota Probolinggo, tahun depan dipastikan tidak akan banyak berubah.

Dampak Cuaca, Produsi Batik Lambat, Pesanan Belum Stabil

Memasuki musim hujan sejumlah pembatik di Kabupaten Probolinggo, mulai menemui kendala.

Gandeng HIPPA untuk Kontrol 289 Titik Saluran Irigasi

Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo terus berupaya mengantisipasi terjadinya luapan air akibat meningkatnya debit air.