Inovasi Pengelolaan KRPL Milik Kelurahan Bugul Kidul yang Jadi Jujugan Studi Banding Luar Kota

PANEN: Tanaman sayur dan buah tumbuh subur di KRPL Bumai Lestari, Kelurahan/Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan. KRPL tersebut juga menjadi jujugan KRPL luar kota untuk studi banding. (Kelurahan Bugul Kidul for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Bumai Lestari di Kelurahan/Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan, tak hanya berhasil menyulap lahan kering menjadi lahan produktif. Saat ini KRPL tersebut juga menjadi langganan jujukan studi banding KRPL luar kota. KRPL Bumai Lestari sebagai salah satu wujud kepedulian perbaikan lingkungan.

——————-

Berawal di sekitar tahun 2018 yang mana sepetak lahan tidur di RW 6 yang ditumbuhi banyak rumput liar. Warga sekitar inisiatif membersihkan lahan tersebut dan kemudian ditanami beberapa tanaman sayur. Hal tersebut menjadi titik awal berdirinya KRPL Bumai Lestari. Dari inisiatif warga yang kemudian muncul KRPL mandiri yang segala perlengkapannya berasal dari swadaya warga sekitar. Kini KRPL tersebut aktif mengikuti berbagai event lomba.

PANEN: Tanaman sayur dan buah tumbuh subur di KRPL Bumai Lestari, Kelurahan/Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan. KRPL tersebut juga menjadi jujugan KRPL luar kota untuk studi banding. (Kelurahan Bugul Kidul for Jawa Pos Radar Bromo)

 

“Pendanaan dari swadaya warga sendiri, kemudian ada kunjungan Lomba Hatinya PKK di tahun 2018. Kami mendapatkan saran agar segera menyusun pengurus dan mengajukan SK. Dari situ kemudian resmi KRPL ini berdiri,” ujar Yuyut Hermawan, ketua RW 6, Kelurahan Bugul Kidul.

Saat ini aneka tanaman seperti sawi, kelor, kol, ditanam di lahan yang kini menjadi subur tersebut. Selain itu, juga terdapat kolam ikan lele yang juga dikelola secara organik oleh warga setempat. Yuyut menjelaskan, hasil panen baik sayuran dan ikan lele dijual ke warung lesehan maupun mlijo yang kemudian uang hasil penjualan diputar untuk melengkapi sarana KRPL tersebut.

KUNJUNGAN: KRPL Bumai Lestari Bugul Kidul mendapatkan kunjungan Plt Wali Kota Pasuruan. (Kelurahan Bugul Kidul for Jawa Pos Radar Bromo)

 

Ke depan, KRPL Bumai Lestari menyiapkan diri sebagai wakil Kota Pasuruan untuk lomba KRPL tingkat provinsi. “Kami sedang melengkapi sumber protein yaitu ternak ayam kampung untuk kelengkapan mewakili Kota Pasuruan di tingkat provinsi,” terangnya.

Lurah Bugul Kidul Agus Sudarmawan, S.E. mengatakan, pihaknya mengapresiasi inisiatif warga RW 6 yang sukses menyulap lahan tidur dan kering menjadi lahan subur yang kini menjadi KRPL. “Pemerintah Kelurahan Bugul Kidul memberikan dukungan penuh pengembangan KRPL Bumai Lestari ini. Semoga ke depannya menjadi inisiatif bagi warga lain untuk melakukan hal yang sama,” terang Agus.

 

Dukungan untuk Promosi Batik dan Kebersihan Lingkungan

Batik Inayah yang merupakan industri batik rumahan di Kelurahan Bugul Kidul mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kelurahan Bugul Kidul. Salah satunya membantu promosi produk batik Inayah di berbagai event pameran produk. Selain itu, dukungan juga diberikan terhadap lingkungan yang awalnya kumuh dan saat ini menjadi bersih dan rindang.

PRODUK UNGGULAN: Industri batik Inayah menjadi produk unggulan Kelurahan Bugul Kidul. Pihak Pemerintah Kelurahan Bugul Kidul memberikan dukungan dengan membantu promosi produk batik tersebut. (Kelurahan Bugul Kidul for Jawa Pos Radar Bromo)

 

Griya Batik Inayah yang terletak di Jalan Patimura Gang III, RT 4/RW 1, merupakan industri batik rumahan yang mulai berdiri di tahun 2016. Sumini, pemilik Griya Batik Inayah mengatakan, usaha batinya bermula dari diikutsertakannya dia ke pelatihan membatik oleh Pemkot Pasuruan. Dari pelatihan tersebut, kemudian Sumini membuka usaha mandiri batik tulis, cap, dan jumput.

Proses produksi saat ini berlangsung setiap hari dan produk batik karya Sumini pun sering mengikuti berbagai event pameran di luar kota. Di sisi lain, Sumini mengatakan, industri batik miliknya juga sering mendapatkan kunjungan dari tamu luar kota yang ingin melihat hasil batik dan juga proses produksi.

DUKUNGAN: Lurah Bugul Kidul Agus Sudarmawan, S.E, (tengah) bersama staf memberikan dukungan untuk kemajuan UKM dan perbaikan lingkungan yang dilakukan warganya. (Kelurahan Bugul Kidul for Jawa Pos Radar Bromo)

 

“Dari menaruh display di hotel, kemudian ada tamu-tamu dari luar kota yang berkunjung ke rumah untuk melihat proses produksi dan membeli,” ujar Sumini.

Lurah Bugul Kidul Agus Sudarmawan, S.E. mengatakan, Pemerintah Kelurahan Bugul Kidul memberikan dukungan kepada UKM. Salah satunya dengan membantu mempromosikan batik yang diikutsertakan di berbagai pameran. “Kami sangat mendukung batik Inayah ini dengan membawanya ke berbagai event pameran seperti Apeksi dan pameran UKM. Harapan kami ke depannya batik Bu Sumini semakin banyak pesanan baik dari dalam dan luar kota,” ujar Agus.

ASRI: Suasana RT 9/RW 6 Kelurahan Bugul Kidul tampak asri dan bersih. (Kelurahan Bugul Kidul for Jawa Pos Radar Bromo)

 

Di sisi lain, Pemerintah Kelurahan Bugul Kidul juga menaruh perhatian terhadap perbaikan lingkungan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh warga RT 9/RW 6 setempat. Hj. Kariati, ketua PKK setempat mengisahkan, awalnya kondisi lingkungan di sekitar gersang. Kemudian instruksi kelurahan untuk melakukan penanaman tanaman sayuran.

“Tapi, saya kemudian menanam jahe merah karena belum ada. Tahun 2018 kemudian ditanam jahe merah di pot-pot yang juga dikembangkan bibitnya. Yang kemudian selanjutnya bibit-bibit tersebut dibagikan kembali kepada warga,” ujarnya.

Kini, lokasi setempat pun berubah menjadi kawasan asri dan bersih. Hal tersebut menjadikan RT 9/RW 6 menjadi delegasi kelurahan untuk lomba Hatinya PKK dan juga Lomba Kampung Hebat. (lel/fun)