BPBD: Dua Daerah di Kabupaten Probolinggo Ini Rawan Gempa

PROBOLINGGO – Gempa bumi yang terjadi di Jawa dan Bali beberapa hari lalu, bisa saja terjadi di Kabupaten Probolinggo. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menyebut, dua daerah di kabupaten juga rawan gempa.

Dua daerah yang dimaksud berada di wilayah barat. Yaitu, Kecamatan Sumber dan Sukapura. Seperti yang disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto.

Meski demikian, sifat atau penyebab gempa berbeda dengan gempa yang terjadi di Jawa dan Bali. Menurut Anung, di Sumber dan Sukapura, potensi gempa itu masuk dalam gempa vulkanik. Mengingat adanya gunung berapi di sana, yaitu Gunung Bromo.

“Kalau gempa tektonik atau gempa yang sumbernya berada di dasar laut dan menyebabkan tsunami, belum terdeteksi,” terangnya.

Adapun gempa yang mengakibatkan beberapa rumah rusak di Desa Condong, Kecamatan Gading dan Krucil menurutnya, sumbernya bukan dari Probolinggo. Melainkan dari Situbondo.

Belajar dari kondisi ini, Anung menegaskan, pihaknya akan terus memantau perkembangan gempa di kabupaten. Paling tidak dengan lebih waspada, maka jika ada potensi gempa di daerah tapal kuda, tak sampai makan korban. “Mudah-mudahan tak sampai ada gempa susulan,” katanya.

Terakhir, ia berharap warga waspada terhadap potensi bencana di daerahnya. Seperti daerah rawan gempa vulkanik dan bencana tanah longsor.

“Biasanya di daerah Sumber dan Sukapura juga sering terjadi longsor. Maka itu, kami imbau agar warga tetap waspada dan hati-hati,” pungkasnya. (rpd/hn)