Tak Ganggu Konstruksi, Target Perbaikan Jembatan Bajangan Seminggu

GONDANG WETAN, Radar Bromo – Kerusakan jembatan Bajangan di Desa Bajangan, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan, jadi perhatian. Perbaikannya ditargetkan rampung seminggu ke depan.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo kemarin sore sekitar pukul 15.15, ruas jembatan Bajangan masih dilewati. Hanya agar tak ada korban, di sekitar fondasi yang ambles itu, diberi penanda garis polisi.

Suprijanto, staf Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur Wilayah Probolinggo di Pasuruan mengatakan, timnya sejatinya telah melakukan pengecekan terkait kondisi jembatan.

Usai dilakukan pengecekan, bakal ada perbaikan konstruksi di bawah jembatan. “Jadi, memang ada bangunan gorong-gorong yang tergerus arus. Namun hanya sekitar 1 meter saja. Kami sudah memantau dan segera lakukan perbaikan,” terang Suprijanto.

Menurutnya, kerusakan sendiri terjadi lantaran bangunan gorong-gorong yang lama ikut tergerus arus air sungai yang cukup deras. Namun kendati begitu, dipastikan ambrolnya gorong-gorong ini tidak memengaruhi konstruksi jembatan.

Sebab, pelat beton sebagai fondasi bawah jalan jembatan tidak terpengaruh. “Meskipun ada gorong-gorong yang tergerus, pelat beton dan konstruksi jembatan tidak berpengaruh. Sehingga kami hanya perbaiki gorong-gorong dibawahnya saja,” terangnya.

Suprijanto memastikan, pengerjaan itu memakan waktu tak lama. Ditargetkan, dalam waktu seminggu sudah rampung. Sebab, tidak mengubah konstruksi jembatan, sehingga saat pengerjaan arus lalu lintas di atas jembatan tidak ditutup.

“Untuk arus lalu lintas tidak ditutup, hanya saja memang ditutup separo dan dibantu warga sekitar. Tujuannya, agar kendaraan yang lewat juga berhati-hati,” ujarnya.

Selain memperbaiki gorong-gorong di bawah jembatan, nantinya Bina Marga Provinsi Jatim juga akan mengaspal jalan dijembatan. Saat ini kondisi jalan di jembatan juga ada yang bergelombang sehingga cukup menganggu kendaraan yang melintas. (eka/mie)