alexametrics
25.1C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Mulai Hujan, 3 Kecamatan di Kab Pasuruan Ini Masih Dikirimi Air Bersih

WINONGAN, Radar Bromo – Intensitas hujan di Kabupaten Pasuruan masih sangat rendah. Wilayah yang diguyur hujan pun masih belum merata.

Meski begitu, kondisi itu sedikit demi sedikit mulai mengurangi krisis air bersih di sejumlah wilayah Kabupaten Pasuruan. Dari 7 kecamatan yang awalnya rutin dikirim air bersih oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, kini tersisa 3 kecamatan saja yang masih rutin dikirimi air bersih.

Bakti Jati Permana, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan mengatakan, sebelumnya memang ada 22 desa di 7 kecamatan yang rutin dikirim air bersih di Kabupaten Pasuruan.

Yakni, Kecamatan Gempol (3 desa); Kecamatan Kejayan (1 desa); Kecamatan Pasrepan (5 desa); Kecamatan Lumbang (5 desa); Kecamatan Grati (1 desa); Kecamatan Lekok (4 desa); dan Kecamatan Winongan (3 desa).

Nah, sejak akhir November usai dilakukan evaluasi, tersisa 4 kecamatan yang masih rutin dikirim. Yakni, Kecamatan Lumbang, Kecamatan Pasrepan, Kecamatan Winongan, dan Kecamatan Lekok.

Masuk awal Desember, Kecamatan Lekok mulai tak disuplai air bersih. “Sehingga, sekarang rutin hanya 3 kecamatan saja yang masih dikirimkan air bersih,” terang Bakti.

Tiga kecamatan yang masih rutin dikirim itu; Lumbang, Winongan, dan Pasrepan. Masih rutin dikirim sebanyak 3 rit air atau 15 ribu liter di masing-masing desa. Total di Lumbang ada di 5 desa, Winongan 3 desa, dan Pasrepan 5 desa.

Kebetulan di tiga kecamatan itu, hujan juga masih sangat jarang turun. “Meskipun daerah dataran tinggi sudah rutin turun, namun sumber air masih belum terbentuk. Sehingga, permintaan air bersih masih ada,” papar Bakti.

Dari BMKG sendiri memprediksi musim hujan sudah rutin turun di minggu kedua atau ketiga di bulan Desember. Bakti mengatakan, pengiriman air bersih di tahun ini memang lebih panjang bahkan sampai di minggu kedua Desember. Sedangkan tahun 2018 lalu, awal November pengiriman air bersih sudah distop. (eka/mie)

 

Tiga Daerah yang Masih Krisis Air Bersih

Kecamatan Lumbang
5 Desa (Karangasem; Karangjati; Watulumbung; Cukurguling; Lumbang)

Kecamatan Winongan
3 Desa (Jeladri; Sumberejo; Kedungrejo)

Kecamatan Pasrepan
5 Desa (Sibon; Klakah; Petung; Ngantungan; Mangguan)

Keterangan: Tiap desa masih dikirim 3 rit tiap harinya atau sekitar 15 ribu liter air.

Sumber: BPBD Kabupaten Pasuruan

MOST READ

BERITA TERBARU