848 Bacakades di Kab Pasuruan Ikut Uji Akademis

BANGIL, Radar Bromo – Sejumlah bakal calon kepala desa yang hendak maju pada Pilkades 2019, kembali berguguran. Usai lolos administrasi, ada bakan calon kades (bacakades) yang tak ikuti pemotretan hingga tak ikuti ujian akademis.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan Tri Agus Budiharto menyampaikan, total ada 15 bakal calon kepala desa yang “tumbang”. Sebagian dari mereka gugur lantaran tak lulus administrasi. Sementara lainnya, ada yang memilih mundur. Serta ada yang tak mengikuti foto hingga tak ada ketika ujian akademis.

Menurut Tri Agus, uji akademis Pilkades yang digelar di GOR Sasana Krida Anoraga Raci tersebut, diikuti sebanyak 848 bakal calon kepala desa. Jumlah itu “menyusut” dua bakal calon saat mengikuti pemotretan.

Saat pemotretan yang digelar Rabu (9/10), bakal calon yang hadir sebanyak 850 orang. “Mereka merupakan bakal calon yang lolos administrasi, sebanyak 852 orang. Saat pemotretan, ada dua yang tidak hadir,” ungkapnya.

Sebelumnya, jumlah pendaftar kepala desa ada sebanyak 863 orang. Dari jumlah itu, tiga di antaranya memilih mundur. Sementara, delapan lainnya tidak lolos administrasi.

“Total yang lulus tahapan demi tahapan, mulai administrasi hingga yang mengikuti ujian kemarin sebanyak 848 orang,” ungkapnya.

Mereka yang mengikuti ujian tersebut, tinggal menunggu hasil pengumuman dan penetapan sebagai calon kepala desa. Pengumuman tersebut akan direalisasikan 24 Oktober 2019. “Hasilnya akan diumumkan akhir Oktober,” jelasnya. (one/mie)