alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Wednesday, 2 December 2020

Forum Anak Gadingrejo Raih Prestasi Nasional, Hilangkan Stigma tentang Anak Wilayah Utara

Anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Gadingrejo menghilangkan stigma tentang anak-anak wilayah utara dengan raihan prestasi. Prestasi tersebut adalah Juara I Nasional DAFA Award 2019 yang menganugerahi Forum Anak Gadingrejo di kategori Kelurahan Terbaik. Penghargaan yang diterima Juli 2019 tersebut semakin menjadi motivasi bagi Forum Anak Gadingrejo untuk menyusun sejumlah program inovatif.

——————–

Semangat untuk menghilangkan stigma terhadap kenakalan anak wilayah utara Kota Pasuruan, telah sukses melecut Forum Anak Gadingrejo untuk mempersembahkan prestasi. Walaupun di awal perjalanan Forum Anak menemui sejumlah hambatan, seperti minimnya antusias, kendala biaya, dan sebagainya. Namun, berkat kerja sama pengurus Forum Anak Gadingrejo dan dukungan Pemerintah Kelurahan Gadingrejo, kendala-kendala tersebut bisa diatasi.

Khamdan Saifudin, pengurus Forum Anak Gadingrejo mengatakan, prestasi nasional tersebut diraih setelah pihaknya mengirimkan video yang menjadi persyaratan. Dalam video tersebut dijelaskan berbagai hal seperti tujuan kegiatan, dukungan kelurahan dan pemkot kepada forum anak.

“Ada sekitar 30 peserta se-Indonesia yang mengirimkan video. Kami mengirimkan video dengan tiga kategori yakni lingkungan, pengembangan kapasitas forum anak, dan pendidikan. Dan, Alhamdulillah akhirnya kami dinyatakan sebagai juara I sebagai kelurahan terbaik karena kami memang mewakili tingkat kelurahan,” ujarnya.

KREATIF: Berbagai kegiatan kreatif yang dilaksanakan Forum Anak Gadingrejo akhirnya sukses mengantarkan sebagai Juara I kategori Kelurahan Terbaik DAFA Award 2019. (Foto Kelurahan Gadingrejo for Jawa Pos Radar Bromo)

 

Khamdan melanjutkan, forum anak memiliki sejumlah kegiatan seperti having fun game, public speaking, wawasan forum anak, pengembangan bakat, dan sebagainya. Dari awal minim antusias saat ini Forum Anak Gadingrejo bisa membuktikan eksistensinya. Kegiatan edukatif lainnya seperti penyuluhan bahaya narkoba, peringatan hari besar yang diisi dengan kegiatan unik.

“Seperti peringatan Sumpah Pemuda kami isi dengan kegiatan menghias botol plastik bekas yang kemudian menjadi media tanam. Kemudian kegiatan cerdas cermat lomba anak hebat,” terang Khamdan.

Khamdan menambahkan, untuk menarik minat anak-anak lainnya untuk bergabung dengan forum anak, pihaknya gencar melakukan sosialisasi ke anak-anak. Khamdan berharap ke depannya forum anak mendapatkan perhatian soal pendanaan agar setiap program dan kegiatan tidak bersumber dari donatur.

Di sisi lain, Lurah Gadingrejo Budi Priyanto, S.P. mengatakan, pihak Pemerintah Kelurahan Gadingrejo memberikan dukungan penuh kepada forum anak untuk menunjukan eksistensinya dalam pengembangan kreativitasnya. “Kami memberikan dukungan penuh kepada forum anak untuk mengembangkan kreativitasnya. Tunjukkan bahwa anak-anak Gadingrejo tidak semuanya dikonotasikan negatif, nakal, urakan. Penghargaan nasional yang diraih Forum Anak Gadingrejo sebagai bukti bahwa anak-anak Gadingrejo mampu berprestasi,” tandas Budi.

 

Upaya Pemberdayaan Kopwan dan Peningkatan Kualitas PAUD di Kelurahan Gadingrejo

Ketertiban laporan Koperasi Wanita (Kopwan) Gading Putri menjadikan kopwan tersebut sering mendapatkan reward dan penghargaan. Kopwan dengan unit usaha simpan pinjam tersebut berkomitmen untuk melaksanakan semangat koperasi untuk kesejahteraan anggotanya. Di sisi lain, PAUD Melati juga memberikan kontribusi bagi kualitas pendidikan usia dini bagi anak-anak di Kelurahan Gadingrejo.

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN: Kopwan Gading Putri berkomitmen menyelenggarakan RAT di bulan Januari. (Foto Kelurahan Gadingrejo for Jawa Pos Radar Bromo)

 

Nanik Indrawati, ketua Kopwan Gading Putri mengatakan, jumlah anggota kopwan saat ini sekitar 130 orang. Ketertiban administrasi di dalamnya menjadikan Kopwan Gading Putri meraih Juara I bidang administrasi tingkat Kota Pasuruan. Nanik melanjutkan, dari mulai berdiri di tahun 2010 hingga saat ini, kopwan Gading Putri telah mengadakan RAT rutin di bulan Januari. Beberapa di antaranya menyumbangkan berbagai reward bagi kopwan tersebut.

“Alhamdulillah kami juga pernah mendapatkan reward dari Pemkot karena mengadakan RAT di bulan Januari. Sampai saat ini pun kami mengupayakan RAT dilaksanakan bulan Januari,” ujarnya.

BANYAK PRESTASI: Kopwan Gading Putri memiliki banyak prestasi. Tampak para pengurus Kopwan Gading Putri, Kelurahan Gadingrejo, Kecamatan Gadingrejo. (Foto Kelurahan Gadingrejo for Jawa Pos Radar Bromo)

 

Sementara itu, keberadaan PAUD Melati juga mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kelurahan Gadingrejo. PAUD yang kegiatan belajar mengajarnya dari hari Senin sampai Kamis tersebut menanamkan pendidikan karakter bagi peserta didiknya. Yanik Efi Luardani, kepala PAUD Melati mengatakan, untuk menanamkan pendidikan karakter seperti kegiatan senam pagi yang mana wali murid juga diminta senam bersama anak-anaknya.

“Jadi, membangun komunikasi juga antara anak dengan orang tuanya. Kami menekankan ke arah pendidikan karakter anak. Alhamdulillah, PAUD Melati juga selalu mendapatkan dukungan dari Pak Lurah agar terus memacu semangat memberikan pendidikan bagi anak-anak Gadingrejo,” terang Yani.

PENDIDIKAN KARAKTER: Lurah Gadingrejo Budi Priyanto, S.P, bersama guru dan peserta didik PAUD Melati. PAUD Melati menekankan pendidikan berbasis pembentukan karakter untuk para peserta didiknya. (Foto Kelurahan Gadingrejo for Jawa Pos Radar Bromo)

 

Lurah Gadingrejo Budi Priyanto, S.P. mengatakan, pihak kelurahan rutin melakukan koordinasi dengan pengajar PAUD Melati untuk membantu jika terdapat permasalahan dan memberikan motivasi. “Rutin kami lakukan koordinasi dan juga kami berikan motivasi. Karena kami juga menaruh kepedulian bagi pendidikan anak-anak Gadingrejo,” jelasnya. (lel/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dorong Penyerapan Anggaran JLU Maksimal

Tidak terserapnya anggaran untuk proyek jalur lingkar utara (JLU) di dalam dana cadangan sepanjang 2020 membuat DPRD Kota Pasuruan angkat bicara.

Bank Indonesia Gulirkan Beasiswa Satu Juta Tiap Bulan

Masing-masing mahasiswa itu akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp 1 juta tiap bulan selama setahun mulai Januari 2021.

Petani Resah Lagi Pupuk Subsidi Langka di Pasaran

Petani di Kabupaten Probolinggo kembali diresahkan dengan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi.

Terima 68 Pengajuan Pelimpahan Haji Ahli Waris di Kab Pasuruan

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan terus menerima pengajuan pelimpahan porsi haji kepada ahli waris.

DLH Sudah Laporkan Tumpahan Batu Bara di Perairan Sekitar PLTU Paiton

DLH sudah melaporkan kejadian itu kepada kementerian LHK pada tahun 2018.