alexametrics
26.6 C
Probolinggo
Monday, 26 October 2020

Bakal Ada Mutasian di Pemkab, Baperjakat Mulai Godok Data

PASURUAN – Kebutuhan pejabat eselon II dan eselon III di lingkungan Pemkab Pasuruan, makin mendesak. Itu, untuk mengisi sejumlah jabatan kosong dan selama ini dijabat pelaksana tugas (Plt). Sedangkan, Bupati Pasuruan belum bisa melakukan mutasi dan pengangkatan jabatan karena baru dilantik.

Namun, kini Pemkab Pasuruan mulai mendata kebutuhan pejabat di lingkungannya. Itu, sebagai salah satu bahan yang akan diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar Bupati mendapat izin melakukan mutasi. Sejauh ini, tak hanya sejumlah kepala dinas yang diisi Plt, ada juga camat dan kepala UPT.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, saat ini kebutuhan pejabat, terutama eselon II, ada 7 eselon II yang kosong. Ini, membutuhkan segera ada pengangkatan pejabat yang baru. “Saya harus mengajukan dulu ke Kemendagri berkaitan dengan alasan yang rasional terkait kebutuhan mutasi dan pengangkatan. Jika tidak diizinkan, saya tidak bisa segera melakukan kebijakan strategis, seperti mutasi sampai mengangkat pejabat eselon II,” ujarnya.

Ia mengaku belum bisa memastikan kapan akan mengajukan permintaan izin itu ke Kemendagri. Sebab, saat ini masih tahap pendataan di Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). “Karena mutasi dan pengangkatan ini persoalan kebutuhan, sehingga nanti saya menindaklanjuti usulan dari Baperjakat, baru kami ajukan ke Kemendagri,” jelasnya.

Sedangkan, Sekda Kabupaten Pasuruan Agus Sutiadji mengatakan, proses usulan ke Kemendagri saat ini masih mematangkan di rapat internal. Serta, mengumpulkan data terkait kebutuhan mutasi dan pengangkatan pejabat. “Sekarang masih tahap rapat internal dan masih kami matangkan terkait data, baru akan kami serahkan ke Bupati,” ujarnya.

Dari data Jawa Pos Radar Bromo, sejauh ini tercatat ada 5 kepala dinas di lingkungan Pemkab Pasuruan yang dijabat Plt. Di antaranya, Dinas Tenaga Kerja; Dinas Sosial; Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD); Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT), serta Bappeda.

Staf Ahli Hukum Albertus Juswanto, juga sudah pensiun. Bulan depan menyusul Staf Ahli SDM dan Pemasyarakatan Munawar Ilham yang akan pensiun. Sedangkan, camat yang diisi Plt ada 3 pejabat. Meliputi, Camat Grati, Rejoso, dan Camat Kraton. Selain itu, sejumlah kepala bidang juga akan pensiun. Salah satunya kepala Bidang Metrologi dan kepala UPT RPH. (eka/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Penuhi Syarat, JMSI Serahkan Berkas Pendaftaran ke Dewan Pers

Dideklarasikan 8 Februari 2020, dalam waktu singkat JMSI dapat memenuhi persyaratan menjadi konstituen Dewan Pers.

Ngantuk, Pemotor asal Sidoarjo Tabrak Taman Bambu Runcing Pandaan    

Motor Honda Supra X yang dikendarai korban seorang diri, menabrak taman Bambu Runcing

Fortuner Tabrak Pikap Parkir di Prigen, Tiga Terluka  

Sesampainya di lokasi kejadian, Fortuner itu menabrak dari belakang pikap Isuzu Panther pikap yang diparkir di bahu jalan sebelah kiri.

Warga Binaan Rutan Bangil Ubah Lahan Parkir Jadi Bengkel Mebel

Hidup di penjara, tidak boleh mematikan kreativitas. Sebab, meski hidup di lingkungan yang terbatas, seorang tahanan masih bisa berkreasi. Hal ini yang dilakukan di Rutan Bangil dengan mengembangkan industri mebeler.

Ajukan Lagi Lintasan Atletik Rp 4 M untuk Stadion Pogar

Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Pasuruan berencana mengusulkan kembali tambahan fasilitas di di Stadion R Soedrasono, tahun depan.