Usai Berkas Diperbaiki, Bacaleg Masih Bisa Diganti karena Ini

PROBOLINGGO – Parpol tidak bisa lagi mengubah bakal calon anggota legislatif (bacaleg) masing-masing, saat ini. Perubahan hanya bisa dilakukan dalam dalam kondisi tertentu. Salah satunya karena adanya laporan masyarakat tentang bacaleg terkait.

“Sejak proses penyerahan berkas perbaikan, parpol sudah tidak bisa lagi mengubah bacaleg. Perubahan bacaleg hanya bisa dilakukan satu kali saja. Yaitu saat masa perbaikan berkas pertama. Setelah itu, tidak bisa lagi,” terang Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri.

Termasuk jika ada bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), setelah verifikasi berkas pencalegan. Parpol pun tetap tidak bisa mengganti bacaleg tersebut.

“Pergantian bisa dilakukan setelah penetapan daftar caleg sementara (DCS). Itupun dalam kondisi tertentu saja. Misalnya, ada bacaleg yang meninggal dunia atau mengundurkan diri. Itu bisa diganti,” ujarnya.

Selain itu, jika ada tanggapan masyarakat mengenai bacaleg yang bersangkutan. “Tentunya tanggapan masyarakat ini akan kami konfirmasi dulu ke parpol. Misalnya jika ada masyarakat yang melaporkan bacaleg dengan ijazah palsu,” tambahnya.

Penyusunan dan penetapan DCS berdasarkan jadwal KPU RI dilakukan pada 8-12 Agustus 2018. Sedangkan masa tanggapan masyarakat dilakukan pada 12 – 21 Agustus 2018.

Penyampaian klarifikasi parpol dijadwalkan mulai tanggal 22-28 Agustus 2018. Lalu, pemberitahuan penggantian DCS mulai tanggal 1-3 September 2018. (put/hn)