Target Pajak Penerangan Jalan Dinaikkan Rp 3 Miliar

BESAR: Penerangan jalan yang ada di Jalan raya Raci. Tingginya pemanfaatan energi di Kabupaten Pasuruan membuat pemkab menargetkan pajak penerangan jalan, dinaikkan. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN – Tingginya pemanfaatan energi di Kabupaten Pasuruan membuat Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pasuruan menaikkan target Pajak Penerangan Jalan (PPJ). Dari yang awalnya ditarget sebesar Rp 112 Miliar naik Rp 3 Miliar menjadi Rp 115 Miliar sampai akhir tahun mendatang.

Mokhammad Syafi’i, Kabid Pendataan, Penetapan dan Pelaporan Pendapatan BKD Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa PPJ merupakan pajak daerah yang memiliki target tertinggi di Kabupaten Pasuruan. Kendati tinggi, namun realisasinya cukup bagus sampai triwulan ketiga lalu.

“Pada triwulan ketiga sudah mencapai 78,25 persen, yaitu Rp 88 Miliar dari target sebesar Rp 112 Miliar,” jelasnya.

Karena perolehannya sudah cukup bagus sampai triwulan ketiga atau akhir September lalu. Dan melihat situasi pemanfaatan energi juga terus meningkat di Kabupaten Pasuruan sehingga BKDpun menaikkan target sebesar Rp 3 Miliar menjadi Rp 115 Miliar sampai akhir tahun nanti.

PPJ sendiri adalah pajak yang diberikan kepada pemanfaatan energi. Paling banyak bahkan 90 persen didapat dari pajak penggunaan listrik yang disupply oleh Perusahaan Listrik Negara. Sedangkan sisanya dari energi gas negara, genset, batu bara dan sebagainya.

Dengan makin tingginya pembangunan dan mengerek kebutuhan energi dari pabrik atau perusahaan dan juga perumahan. BKD optimis bahwa pertambahan target ini bisa tercapai sampai akhir tahun nanti. “Karena makin banyak perusahaan dan rumah yang membutuhkan listrik atau menambah daya sehingga kami optimistis pertambahan target ini bisa tercapai sampai tutup tahun nanti,” pungkasnya. (eka/fun)