Radar Bromo

Tambahan Layanan Perpustakaan di Kota Pasuruan Bergantung Kunjungan

PURWOREJO, Radar Bromo – Keinginan sejumlah pengunjung agar jam layanan Perpustakaan Sekargadung di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, ditambah sulit terealisasi dalam waktu dekat. Pemkot Pasuruan berdalih penambahan jam layanan bergantung kunjungan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan Evawati mengatakan, jam layanan bagi pengunjung di Perpustakaan Sekargadung mulai pukul 08.00 sampai pukul 15.00. Itu, ketika Senin-Jumat. Sedangkan, untuk Sabtu-Minggu mulai pukul 08.00 sampai pukul 13.00.

Namun, pihaknya masih bisa memberikan toleransi. Jika ada pengunjung yang datang dan melebihi jam layanan karena hendak mengerjakan tugas, pihaknya akan menunggu sampai selesai. Dengan catatan tidak membawa buku pulang. “Khusus peminjaman cuma beroperasi selama jam layanan. Jika ada siswa yang datang meminjam tempat, tentu kami layani sampai selesai,” ujarnya.

Eva tidak menampik, kemungkinan jika nanti jam layanan bagi pengunjung ditambah. Namun, hal ini bergantung pada animo pengunjung. Sebab, penambahan jam layanan harus diikuti dengan menambah petugas perpustakaan.

Ia mencontohkan, jika jumlah pengunjung yang datang di luar jam layanan normal sangat tinggi dan rata-rata pengunjung meminta jumlah jam layanan ditambah, kemungkinan bisa dilakukan. Namun, selama ini DPA memandang jam layanan sudah cukup. “Itu bergantung pada animo pengunjung dan permintaan. Sebab, tentu kami perlu lakukan pengajuan juga tenaga perpustakaan,” ujar Eva. (riz/fun)