alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Targetkan Lelang Lanjutan Pasar Nguling Bulan Depan

NGULING – Sampai awal bulan Mei, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan masih dalam tahap perencanaan untuk finishing Pasar Nguling. Dengan anggaran sebesar Rp 1,47 miliar ditargetkan bulan Juni mendatang sudah mulai tahap lelang.

Revitaliasi Pasar Nguling sendiri mulai dilakukan tahun 2018. Tahun lalu, pasar buah yang berada di selatan pasar dibangun sebanyak 52 kios baru dengan anggaran Rp 2,8 miliar dan APBD hasil dana cukai.

Edy Suwanto, kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan mengatakan, tahun ini proses revitalisasi masih diteruskan. Selain finishing di gedung kios yang lama, juga menambah gedung food court di sisi timur gedung baru.

“Tahun ini masih diteruskan proses finishing revitalisasi di Pasar Nguling. Saat ini masih tahap perencanaan dan targetnya bulan Juni sudah tahap lelang,” terangnya.

Dijelaskan, untuk Pasar Nguling, akan dilakukan pengecatan dan finishing di gedung sebelumnya. Juga akan dipasang Aluminium Composit Panel (ACP) sebagai penghias gedung. Selain itu, juga pemasangan rolling door di 52 kios.

Termasuk tahun ini juga dibangun food court yang lokasinya di timur depan gedung baru. Food court berukuran 23 X 9,8 meter dan untuk pembangunan 15 kios.

Edy mengatakan, pembangunan food court sendiri adalah untuk mendukung gedung untuk pasar yang baru dibangun agar mendukung tempat keramaian. Untuk anggaran finishing dan pembangunan food court menyerap anggaran Rp 1,47 miliar.

Anggaran itu dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pusat.

Disperindag Kabupaten Pasuruan menargetkan bahwa lelang sudah bisa dilakukan pada bulan Juni mendatang. Dan, jika lancar, maka targetnya di pertengahan Juli sudah mulai tahap pengerjaan. (eka/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU