alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Insentif Honorer K2 Kab Pasuruan Ikut Naik, Sedot Anggaran Rp 2,6 M

BANGIL, Radar Bromo – Tidak hanya insentif guru sukwan di Kabupaten Pasuruan yang bakal naik. Tahun depan, insentif untuk tenaga honorer K2 di lingkungan Dispendik Kabupaten Pasuruan juga bakal naik.

Besarnya kenaikan insentif yang akan didapat tiap orang, sama dengan guru sukwan. Yakni, Rp 400 ribu per orang untuk setiap bulannya.

Kepala Dispendik Kabupaten Pasuruan Iswahyudi menjelaskan, kenaikan insentif ini diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga guru dan nonguru yang tak kunjung diangkat menjadi PNS. Memang, honor mereka sampai saat ini masih jauh dari UMK Kabupaten Pasuruan 2020 yang menyentuh Rp 4 juta lebih.

Namun, menurut Iswahyudi, setidaknya Pemkab Pasuruan berusaha memberikan perhatian. Sehingga, kenaikan insentif itu bisa meningkatkan ekonomi honorer K2.

“Meski nilainya masih di bawah UMK, setidaknya kesejahteraan tenaga honorer K2 tersebut lebih meningkat dibanding sebelumnya,” terang Iswahyudi.

Sebelumnya, guru honorer K2 memperoleh insentif Rp 1 juta per bulannya. Dengan kenaikan Rp 400 ribu, tahun depan mereka bisa memperoleh Rp 1,4 juta per bulan.

Sementara untuk nonguru, seperti tenaga administrasi atau tenaga kebersihan sekolah, biasanya mendapatkan Rp 750 ribu per bulannya. Sedangkan mulai 2020, mereka akan mendapatkan insentif hingga Rp 1,15 juta per bulan.

Saat ini, ada sebanyak 499 tenaga honorer K2 di lingkungan Dispendik. Sebanyak 376 orang merupakan tenaga guru. Sementara, 73 orang merupakan tenaga nonguru.

Kenaikan itu pun membuat pengeluaran daerah meningkat. Pemkab Pasuruan harus menyiapkan sekitar Rp 7,1 miliar pada 2020. Padahal, sebelumnya Rp 4,5 miliar. Itu artinya, ada peningkatan belanja sebesar Rp 2,6 miliar. “Ada kenaikan anggaran yang kami siapkan untuk menopang kenaikan insentif tersebut,” tuturnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pasuruan Ruslan menuturkan, kenaikan tersebut tentu patut diapresiasi. Karena bisa mendorong ekonomi para guru honorer K2.

“Harapan kami, kenaikan insentif tersebut ditunjang pula dengan kinerja mereka untuk lebih semangat dalam mengajar,” pungkasnya. (one/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.

Dua Dara Atlet Anggar Kota Probolinggo Incar Perunggu PON Pelajar

Dua atlet anggar Kota Probolinggo, sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Pelajar 2021.

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP).

Ketua Dewan Siap Jadi Orang Pertama Uji Coba Vaksin

Andi Suryanto Wibowo, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo mengaku siap menjadi orang pertama di Probolinggo yang divaksin Covid-19.

Sampai November Tangkapan Ikan di Kab Pasuruan Capai 12.716 Ton

Sempat lesu di semester pertama, tangkapan ikan nelayan di Kabupaten Pasuruan kembali bergairah di triwulan ketiga.