alexametrics
25.4 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Dilaporkan Timbulkan Bau Tak Sedap, Pabrik Pengolahan Oli Disidak

WONOASIH – Pabrik pengolahan oli PT Berdikari Jaya Bersama (PT BJB) di Jalan K.H Genggong, Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo kembali disorot. Menyusul adanya laporan pabrik setempat mengeluarkan bau tak sedap, DPRD dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pun menggelar inspeksi mendadak (sidak), Senin (8/10).

Sidak ini dilakukan berkaitan dengan aduan dari PT Sumber Taman Keramika Industri (SKI). Manajer HRD PT SKI Suprianto mengatakan, Komisi III perlu menindaklanjuti aduan PT SKI terkait masalah bau yang dikeluarkan PT BJB.

“Kami sudah menyurati Komisi III sebanyak 3 kali terkait bau oli. Namun, tidak ada sikap tegas terkait laporan itu,” ujarnya dalam hearing bersama Komisi III, Rabu (3/10) lalu.

Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo Agus Rianto mengatakan, sidak dilakukan karena ada keluhan mengenai bau dari pabrik oli ini. Hasilnya, penyebab bau itu muncul karena proses pemindahan oli yang dipancurkan dari mobil tangki ke tempat penampungan.

“Bau ini harap diminimalisir agar tidak menyebar kemana-mana. Bau memang ada yang sedikit keluar, paling lambat sebulan sudah bersih. Untuk bau sudah tidak ada,” ujarnya.

Munculnya bau itu disebabkan proses pemindahan oli dari mobil tangki ke peralatan di pabrik. “Sebelumnya proses pemindahan itu dilakukan dengan cara curah. Tapi, sudah diminimalisir dengan menggunakan slang khusus,” ujar Agus.

Sedangkan, Kepala Produksi PT BJB Minkiet membenarkan sempat muncul bau dari pabriknya. Namun, pihaknya telah semaksimal mungkin menutup sumbernya. “Memang ada tempat yang belum diminimalisir munculnya bau. Ini kan urutan kami cari satu persatu mengapa muncul bau,” ujarnya.

Dari proses pencarian, diketahui salah satu bagian yang berpotensi muncul bau adalah tempat pengisian oli. “Ada temuan atau sumber di tempat pengisian oli dari tangki. Dulu kami melakukan pengisian oli dengan cara curah. Kemungkinan saat curah itu, maka gas itu keluar,” ujarnya.

Untuk mengatasi masalah ini, PT BJB mengubah proses pengisian oli. Dari sebelumnya dengan cara curah, diganti dengan slang khusus. “Setelah kami lakukan tindakan seperti ini (pakai slang) dan ditutup saat proses pengisian, sudah benar aman dari munculnya bau,” ujarnya.

Minkiet juga mengakui adanya fly ash atau partikel sisa pembakaran dari batu bara. Ia berjanji akan mengatasinya dalam dalam waktu sebulan. “Kami memang sedang menambah alat untuk fly ash. Kami melakukan perbaikan secara bertahap,” ujarnya. (put/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dengan Vaksinasi; Keluarga Sehat, Produktivitas Meningkat

Upaya pencegahan penyakit tersebut dapat dilakukan dengan vaksinasi. Dengan hadirnya vaksin, pemerintah berharap tidak hanya menurunkan angka kesakitan tapi juga kasus kematian.

Manfaatkan Bonus Demografi Menuju Industri 4.0

Memasuki tahun baru yang tinggal menghitung hari, tantangan angkatan kerja di Indonesia semakin tinggi. H

Remaja Muneng Dibegal di Jl Brantas; Ditodong Airsoftgun, Vario Raib

Usai memepet korban, pelaku langsung mencabut kunci motor korban.

PKL Durian Pasar Wisata Cheng Hoo Dikeluhkan Pedagang

Keberadaan Pasar Wisata Cheng Hoo di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, menjadi magnet tersendiri bagi para pedagang kaki lima (PKL) durian.

Pengembangan Olahan Produk Pertanian Terkendala Ini

Mengolah hasil pertanian bisa menjadi salah satu upaya mengatasi rendahnya harga hasil pertanian saat panen raya.