alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Agus MPP, Sudianto Kembali Jadi Plt Sekda Kota Probolinggo

KANIGARAN, Radar Bromo – Kekosongan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Probolinggo, akhirnya terisi. Kamis (8/8), Wali Kota Probolinggo melantik Asisten Perekonomian dan Pembangunan Achmad Sudianto sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekda.

Itu, dilakukan untuk mengisi kekosongan kursi sekda yang sebelumnya dijabat Bambang Agus Suwignyo. Bambang Agus harus meninggalkan jabatanya karena mengajukan masa persiapan pensiun (MPP) per 1 Agustus 2019.

Sudianto bukan hanya kali ini menjadi Plt Sekda. Pada 2017 pascapensiunnya Jhony Hariyanto, mantan kepala Satpol PP itu juga ditunjuk sebagai Plt sekda. Selain melantik Sudi, Wali Kota juga melantik dua pejabat administrator di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Yakni, Kabid Pelayanan Pencatatatn Sipil Agus Purnomo dan Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Heny Taufik.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menjelaskan, tugas Plt dan sekda definitif sama. Sedangkan, untuk mengisi posisi sekda definitif harus melalui proses seleksi. “Untuk itu, harus diangkat pejabat sementara untuk posisi sekda. Plt sekda ini bertugas melakukan seleksi selama tiga bulan ke depan sampai ada sekda definitif,” ujarnya.

Disinggung mengenai syarat sekda definitif, Hadi mengatakan, harus mampu dan mumpuni melaksanakan tugasnya. “Saya yakin semua ASN di OPD punya potensi bagus. Tergantung dari komitmen menjalankan tugas-tugasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo Rachmadeta Antariksa mengatakan, pelantikan Plt sekda dilakukan karena per 1 Agustus, Bambang Agus Suwignyo masuk MPP.

“Status beliau masih PNS. Tapi, sudah tidak bisa melakukan tugas sebagai sekda karena memilih mengajukan MPP. Sehingga, ditunjuk Plt sekda untuk mengisi jabatan sekda yang kosong,” ujarnya.

Sebagai PNS yang memasuki MPP, Bambang Agus tetap berhak mendapatkan gaji. Namun, tidak mendapatkan tunjangan. “Plt sekda ini juga memiliki tugas memimpin proses seleksi jabatan sekda definitif,” ujarnya. (put/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Kembali Kerek PAD Wisata Kab Pasuruan Tahun Depan

Target Pemkab Pasuruan untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor wisata tahun ini, cukup seret.

Intens Monitoring Lokasi Bencana Longsor di Akhir Tahun

Potensi bencana saat musim hujan perlu diwaspadai. Salah satunya tanah longsor.

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.

Dua Dara Atlet Anggar Kota Probolinggo Incar Perunggu PON Pelajar

Dua atlet anggar Kota Probolinggo, sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Pelajar 2021.

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP).