alexametrics
26.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Bongkar Lapak Liar PKL di Kawasan Wisata Tretes

PRIGEN – Penertiban PKL liar kembali dilakukan Satpol PP Kabupaten Pasuruan, Selasa (8/1). Kali ini penertiban dilakukan terhadap PKL liar di kawasan wisata Tretes, Prigen tepatnya di Jalan Arjuno, tepat di depan Hotel Surya.

Langkah penertiban itu dilakukan usai aparat penegak perda selesai menggelar apel pagi di halaman Kantor Kecamatan Pandaan. Seusai apel, sejumlah personel Satpol PP bergegas menuju Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen. Mobil patroli menepi dan berhenti di tepi jalan. Saat itu petugas membongkar sejumlah lapak liar semipermanen milik PKL di kawasan kuliner tersebut.

Di lapangan, lapak liar tersebut yang dibongkar paksa petugas penegak perda ini ada tiga buah. Seketika itu juga sejumlah item barang dicopot satu persatu. Mulai dari terpal dan kayu penyangganya.

“Terpal dan kayu penyangganya kami amankan atau sita, untuk rombongnya ditepikan ke lokasi lain di luar lokasi semula. Mestinya setelah jualan malam pagi harinya dirapikan dan ditaruh di tempat lain, tapi ini tidak,” ungkap Didik Febriyanto, staf tibum Satpol PP.

Selama pembongkaran paksa lapak tersebut berlangsung, prosesnya berjalan cepat. Pasalnya petugas Satpol PP kabupaten ini berjumlah banyak. Disamping itu, tidak ada perlawanan dari pemilik lapak liar. Karena para pemiliknya sudah pulang ke rumahnya masing-masing.

Tiap harinya, lapak semipermanen tersebut dimanfaatkan berjualan aneka mamin. Seperti nasi goreng, sate ayam dan kelinci serta kambing. Kemudian wedang ronde, angsle serta lainnya. Biasanya PKL mulai berjualan saat sore hingga tengah malam.

“Selama ini sudah seringkali kami layangkan peringatan dan teguran. Tapi tetap saja membandel, jadi setibanya di lokasi langsung datangi dan membongkarnya,” kata Didik sapaan akrabnya.

Bongkar paksa bangunan lapak liar milik PKL tsrsebut ia tegaskan sesuai prosedur dan mekanisme yang ada. Yakni mengacu Perda 11/2005 tentang Penataan dan Pembinaan Pedagang Kami Lima. (zal/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

PNS Pemkab Pasuruan Kendat, Pernah Ajak Istri Minum Baygon

Peristiwa nahas ini diketahui pertama kali oleh istri korban sekitar pukul 07.30.

Diduga Ngantuk, Pasutri Tabrak Truk Parkir di Kraton, Suami Tewas

Siang itu pasutri itu dari Polres Pasuruan untuk mengurus SKCK dan berencana pulang

Kemenhub Minta Tambah Penguji di Balai Uji Kir Kraksaan

Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, mendapatkan catatan dari tim akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Ratusan Petani di Kota Probolinggo Terancam Tak Dapat Pupuk Subsidi

Sebab, mereka tidak terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

KONI Kab Pasuruan Digerojok Rp 5,4 M

Prestasi dunia olahraga di Kabupaten Pasuruan harus lebih baik tahun depan.