alexametrics
25C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Rumah Warga Triwung Kidul Ludes, Emas-Uang Ikut Terbakar

KADEMANGAN, Radar Bromo – Sebuah rumah di Jalan Semeru, Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, ludes terbakar. Kebakaran Sabtu (7/12), sekitar pukul 12.00 itu, menimpa rumah Janiah, 60.

Kolil, 55, tetangga korban mengatakan, semula api berkobar dari dapur milik Cipto, 70. Api begitu cepat merambat. Sembari menunggu petugas pemadam kebakaran (damkar), sejumlah warga berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

Sekitar 25 menit kemudian, dua mobil damkar tiba di lokasi kejadian. Namun, api dimanjakan dengan bangunan yang terbuat dari kayu dan bambu. Api begitu cepat melumat dapur dan rumah Janiah. Sekitar sejam berselang, api berhasil dipadamkan. “Api itu berasal dari dapur Pak Cipto dan merambat ke rumah Bu Janiah,” ujar Kolil.

Mendapati rumahnya dilalap api, Janiah terlihat begitu sedih. Menurutnya, di lemarinya yang ikut terbakar ada sejumlah perhiasan dan uang tabungan. “Ada emas 10 gram dan uang sekitar Rp 4 juta. Kini sudah hangus bersama lemarinya,” ujarnya sambil mengelus dada.

Selain rumah Janiah, dapur milik Cipto juga rata dengan tanah. “Dua ekor kambing saya luka bakar dan dapur saya habis,” ujar Cipto.

Petugas Tagana Kota Probolinggo Ahmadi, membenarkan api kali pertama muncul dari dapur Cipto. Semula, Cipto memasak di tungku dapur rumahnya. Usai memasak, kakek 70 tahun itu telah mematikan tungkunya. Namun, ternyata tidak mati total.

Dari tungku itu kembali muncul api dan melalap dapur milik Cipto, yang terbuat dari kayu. Di sisi timur dapur Cipto, ada rumah Janiah yang juga terbuat dari kayu. Dua bangunan ini pun dilalap si jago merah. “Jadi yang habis itu, selain dapur milik Pak Cipto, juga rumah milik Bu Janiah. Untuk kerugiannya, kedua belah pihak sama-sama belum tahu,” ujar Ahmadi. (rpd/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU