Jalan Diperbaiki, Lalu Lintas Jalan Pangsud Kraksaan Terganggu

KRAKSAAN, Radar Bromo – Para pengguna Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, harus bersabar. Sebab, perjalanan mereka akan terganggu karena jalan nasional itu kini diperbaiki. Proyek ini ditargetkan rampung tiga hari ke depan.

Pengawas Lapangan Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII PPK Wilayah Probolinggo, Paiton, Situbondo Candra Erfin, mengatakan pengerjaan ini sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. “Sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Probolinggo dan Dishub (Dinas Perhubungan). Sebab, dalam pengerjaan ini memang akan mengganggu aktivitas lalu lintas,” ujarnya, kemarin.

Perbaikan jalan sepanjang 2 kilometer ini dibagi menjadi tiga pos. Salah satunya di Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Selebihnya, berada Jalan Raya Pasir Putih, Kecamatan Bungatan dan Jalan Raya Besuki, Kabupaten Situbondo. “Di Kraksaan panjang pengerjaannya 540 meter pada satu jajur jalan arah Surabaya-Banyuwangi,” ujarnya.

Menurut Candra, proyek ini ditarget rampung dalam tiga hari ke depan. Waku yang dibutuhkan itu menyesuaikan kesulitan pengerjaan. “Pengerjaannya tidak langsung di-overlay. Sebab, jalan akan mudah rusak lagi karena bukan hanya rusak biasa atau retak. Jadi pengerjaannya dimulai dari dasar jalan. Finishing-nya akan dilakukan pengaspalan. Jadi, berbeda dengan jalan rigid,” ujarnya.

Agar tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas, pihaknya tidak menutup penuh jalan protokol ini. Selain itu, juga tidak diizinkan oleh Satlantas. “Pengerjaan dilakukan separo dulu pada ruas jalan yang memiliki lebar 7,5 meter. Jadi para pengendara masih bisa melintas. Kalau langsung ditutup, tidak mungkin,” ujarnya.

Adanya gangguan lalu lintas ini sempat dikeluhkan sejumlah warga. Salah satunya Dani Rahman, pengendara sepeda motor yang kemarin melintas di Jalan Panglima Sudirman, Kraksaan. Dengan adanya perbaikan jalan ini, arus lalu lintas jadi terganggu. “Saya kira tadi ada kecelakaan, ternyata ada perbaikan jalan,” ujarnya. (mg1/rud)